TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TNI Selalu Hormati dan Hargai Jasa Veteran Dengan Kegiatan Nyata

By 30 Aug 2016 08:07Kodam Jaya
60c70d1a-76a1-4d7d-93bb-f34e86c9389b

Jakarta (Senin, 29/08/2016), – Anggota TNI selalu menghormati veteran. Tapi Kebetulan momennya memang pas dengan peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-71, sekaligus sebagai silaturahmi saya dan seluruh warga Kodim 0503/JB dengan seluruh veteran.

Momen Hari Kemerdekaan RI ke-71, adalah waktu yang paling tepat mengingat jasa-jasa para veteran. Tanpa mereka, sekarang ini kita bukanlah apa-apa. Menghormati dan memperhatikan mereka adalah langkah yang paling tepat. Berikut cuplikan wawancara ringan dengan Dandim 0503 Jakarta Barat Lekol Inf Wahyu Yudhayana, Terkait veteran.

Bagaimana tanggapan Anda soal veteran?

Singkatnya, atas pengorbanan yang telah beliau-beliau berikan sehingga kita semua bisa menikmati kemerdekaan seperti sekarang ini.Ya, karena beliau lah kita sekarang semua berada di sini.

Kodim 0503/JB, selalu memperhatikan nasib veteran?

Prinsipnya, saya yakin selama ini veteran selalu diperhatikan oleh Kodim. Saya ini hanya meneruskan saja apa yang sudah dilakukan selama ini untuk veteran-veteran, khususnya yang ada di Jakarta Barat.

Apa karena pas momennya (HUT RI ke-71) saja Kodim memperhatikan veteran?

Tidak sama sekali. Anggota TNI selalu menghormati veteran. Tapi Kebetulan momennya memang pas dengan peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-71, sekaligus sebagai silaturahmi saya dan seluruh warga Kodim 0503/JB dengan seluruh veteran se-Jakbar.

Tujuannya?

Kegiatan ini sebagai bentuk perwujudan hormat dan penghargaan kita semua atas pengorbanan yang telah mereka berikan. Sehingga bisa merdeka seperti sekarang ini.

Anda bisa jelaskan, veteran yang di Jakarta Barat?

Data kami lengkap. Kita juga melibatkan kepolisian dalam pendataan, karena veteran itu tidak semua dari kalangan TNI, ada juga dari Polri. Makanya Polri juga dilibatkan karena menyangkut juga masalah kesejahteraan.

Kesejahteraan seperti apa yang diberikan kepada veteran?

Yang kami lakukan adalah mengumpulkan beliau-beliau dalam bentuk silaturahmi dengan keluarga besar Kodim dandilanjutkan dengan anjangsana oleh Dandim, Kasdim, Danramil dan Babinsa-Babinsa di tiap-tiap wilayah, dan nantinya akan kita rencanakan kegiatan-kegiatan lain secara periodik yang bermanfaat bagi para veteran.

Lebih detailnya?

Seperti melakukan. Pendataan, melaksanakan perbaikan rumah para veteran yang kurang layak huni, kegiatan kumpul rutin di Makodim dalam rangka pembinaan.

Respon para veteran?

Beliau-beliau sangat senang dan bahagia, karena kita semua tidak pernah melupakan jasanya. Beliau-beliau juga sangat senang karena kita sebagai generasi penerus memberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman dan nasehat sebagai salah satu motivasi dalam pelaksanaan tugas agar tetap tegar, kuat serta selalu semangat dalam melakukan tugas di wilayah masing-masing.

Terakhir, untuk memastikan itu veteran atau bukan?

Selama ini kami punya data yang terus di update bersama-sama dengan Kakanminvet yang juga berkantor di komplek Makodim. Organisasi veteran juga ada di tempat yang sama. Jadi sejauh ini tidak ditemukan hal-hal yang tak diharapkan. Setiap veteran yang terdata sudah dilengkapi data/dokumen pendukung yang diverifikasi bersama dengan organisasi veteran tersebut.⁠⁠⁠⁠ (Pendam Jaya)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam XVI/Patimura Puspen TNI Kodam XII/Tanjungpura Kodiklat Tips Kesehatan Dinas Penerangan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TNI Selalu Hormati dan Hargai Jasa Veteran Dengan Kegiatan Nyata