TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Totalitas Fungsi Perhubungan Dalam Operasi Tinombala Di Poso

By 05 Aug 2016 08:11Kodam XIV Hassanudin
5 Agustus 2016 A

Faktor komunikasi/perhubungan memang tidak bisa memenangkan perang tapi jangan salah tanpa perhubungan yang baik pertempuran akan sulit untuk dimenangkan, inilah salah satu prinsip yang dipegang teguh prajurit Perhubungan Angkatan Darat (Hubad) yang ikut dalam Satgas Operasi Tinombala 2016 di Poso. Kamis (5/8).

Berbekal latihan dan persiapan dari homebase, prajurit perhubungan dengan segala kemampuan dan alat komunikasi yang mereka bawa, punya misi bagaimana memberikan dukungan penuh bagi kelancaran dan keberhasilan operasi khususnya terkait gelar komunikasi lapangan yang mempunyai daya jangkau efektif dari satuan atas sampai kepada pasukan tingkat paling kecil yang melakukan tugas operasi di medan-medan yang sulit namun tidak bermasalah dalam komunikasi.

Menurut Dantim Komlek Lettu CHB Diaztera M. Y., S.S.T.Han, dalam mendukung Operasi Tinombala ini, Dithubad mengirim 30 personel dari Yon Hub Dithubad yang dibagi 2 Tim, yakni Tim Komlek dan Tim CCTV yang dipimpin oleh Dantim Letda CHB Joshua. Saat awal datang ke Poso dengan kondisi yang masih kurang istirahat, mereka lansung tancap gas untuk gelar komunikasi sebelum pasukan insert dengan alokasi waktu yang singkat. Dalam dinamika tugasnya, prajurit perhubungan juga ikut tergabung dengan pasukan yang bergerak atau BP di Kotis Sektor.

Tantangan gelar komunikasi yang dihadapi adalah faktor medan dan alam dengan kondisi banyak ketinggian terjal dan hutan lebat belum lagi faktor cuaca yang mudah berubah, menjadi perjuangan tersendiri bagi prajurit Perhubungan dalam menunjukkan totalitasnya dalam memberikan dukungan keberhasilan Operasi Tinombala dalam menangkap dan melumpuhkan kelompok teroris Santoso.

Kesulitan komunikasi (blankspot) diminimalkan dengan mengelar repeater dibeberapa tempat strategis dengan dukungan tenaga listrik yang dikombinasikan, melalui sumber listrik dari tenaga surya (solarsell panel) dan aki yang dirangkai menjadi sebuah sumber listrik.

Secara umum Lettu CHB Diaztera M. Y., S.S.T.Han menuturkan dukungan gelar komunikasi hingga saat ini masih berjalan dengan lancar, namun selaku corp Perhubugan Angkatan Darat kami tentu harus selalu berinovasi dan kreatif dilapangan agar citra dan kejayaan Perhubungan Angkatan Darat selalu memberikan yang terbaik dalam tugas pengabdiannya “Jayalah Kapotha Yudha dimanapun bertugas”(Adrizal)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Tips Kesehatan Kodiklat Kodam XVI/Patimura Kodam V/Brawijaya Puspen TNI Kodam VI/Mulawarman Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Totalitas Fungsi Perhubungan Dalam Operasi Tinombala Di Poso