TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tugas Yang Semakin Kompleks Pendam Jaya tetap Eksis Dalam Program Binter

By 09 Aug 2016 14:20Kodam Jaya
9 Agustus 2016 AB

Disela-sela kesibukan tugas yang semakin kompleks Pendam Jaya tetap eksis melaksanakan program bidang Binter pembangunan dan renovasi Jamban Warga yang tidak layak bertempat di RT 08 RW 09 Kel. Cawang yang pelaksanaannya mulai minggu yang lalu.

Pada hari ini Senin, (8/8) Kasipensat Mayor TNI Rahmat Triyono, S.Ag. M.M. didampingi Kasituud dan Paurpamops mewakili Kapendam Jaya menyerahkan Jamban yang telah direnovasi dan siap pakai secara simbolis diserahkan kepada Ketua RT 08/09 Bapak Didik yang didampingi oleh Ketua RW 07 Kel.Cawang dan perwakilan warga.

Selama adanya program Binter Pembangunan 1 juta Jamban Warga yang tidak mampu dari Komando atas, Pendam Jaya sampai saat ini telah membangun sebanyak delapan Jamban Warga yang tidak mampu di wilayah Kel. Cawang.

Dari pembangunan jamban warga yang selama ini telah dilaksanakan dapat diambil analisa bahwa diwilayah DKI Jakarta masih banyak warga yang tidak mempunyai Jamban bahkan perumahan yang tidak layak. Sehingga sangat ironis kalau dilihat dimana DKI Jakarta yang merupakan Ibu Kota Negara kita yang seluruh pusat Pemerintahan dan Ekonomi ada disini, masih ada warga yang terdiri dari 12 KK mempunyai hanya 1 jamban dan itupun tidak layak.

Kalau dilihat dari tarap kehidupan warga masyarakat lingkungan Kel. Cawang sendiri sebenarnya pada umumnya tidak miskin sekali dapat dikatakan masyarakatnya produktif karena rata-rata berprofesi pedagang.

Kalau ada seorang saja disetiap wilayah DKI Jakarta ini dapat menjadi motivator untuk penggugah dan penggerak untuk kepentingan positif bagi warga, kemungkinan 1-2 tahun kedepan cara hidup sehat yang dicanangkan pemerintah dan Komando Atas dapat terwujud dengan cepat. Jadi pada dasarnya keinginan manusia itu pingin hidup layak seperti orang lainnya namun keadaan yang memaksa sehingga memilih hidup pasrah dan tidak motivatif.

Kalau hal ini tetap dibiarkan sampai kapanpun warga dilingkungan DKI Jakarta khususnya Kel. Cawang tidak akan berkembang dan monoton agar penyuksesan Jambanisasi serta hidup sehat terwujud perlu ditingkatkan peran Binter dan Tiga Pilar (Babinsa, Bimas dan Kelurahan) yang sudah terbina baik selama ini bekerja lebih ekstra lagi dalam pembinaannya ke masyarakat.

Sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan untuk kegiatan Program Binter, hal itu dilaksanakan Satuan Pendam Jaya diantaranya Komunikasi Sosial dengan Tokoh Masyarak, Tokoh Agama, Bhakti TNI, GNIB dan Karya Bhakti Satuan Non Kowil membangun Jamban Warga yang tidak mampu seperti yang dilaksanakan satuan Pendam Jaya dilingkungan RT 08 RW 09 Kel. Cawang saat ini.

Kapendam Jaya Kolonel Inf Heri Prakosa Poncowibowo juga sangat mendukung dalam setiap kegiatan program Teritorial karena kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan bidang Teritorial pasti berujung untuk kemaslahatan umat yang bermanfaat bagi lingkungkungan masyarakat, dengan adanya dukungan penuh dari Kapendam Jaya sehingga program-program Binter dari komando atas dapat dilaksanakan dengan baik dan sangat dirasakan manfaatnya oleh warga terutama diwilayah binaan satuan Pendam Jaya.⁠⁠⁠⁠⁠⁠⁠

Autentikasi : Kapendam Jaya Kolonel Inf Heri Prakosa Ponco Wibowo

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tugas Yang Semakin Kompleks Pendam Jaya tetap Eksis Dalam Program Binter