TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Yonif 132/Bima Sakti – Halal Bihalal Gowes Community

By 01 Aug 2016 06:48Berita Satuan
Halbil Gowes 4
Bangkinang (31/07/2016).   Hari Raya Idul Fitri 1437 H telah beberapa pekan berlalu. Kendati demikian, momen bulan Syawal masih dimanfaatkan oleh sebagian besar umat muslim Indonesia untuk melaksanakan tradisi Halal Bihalal. Halal Bihalal merupakan suatu tradisi dimana sekelompok orang berkumpul di satu tempat dan saling bermaaf-maafan setelah menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan.
Seolah tidak mau ketinggalan dalam memanfaatkan momen tersebut, Yonif 132/Bima Sakti melalui klub sepeda binaannya yaitu Bima Sakti Cycling Club (BSCC) menggagas suatu acara Halal Bihalal yang ditujukan kepada klub/komunitas pencinta sepeda se-kabupaten Kampar, Riau. Acara yang diselenggarakan pada hari Minggu, 31 Juli 2016 tersebut bertempat di area Outbond Mako Yonif 132/Bima Sakti, Salo – Bangkinang, Kampar. Hadir dalam acara tersebut beberapa klub sepeda yang ada di Kampar antara lain KOSEKA, KSK, Tuntun Bike, BSCC dan beberapa klub yang mewakili instansi/Satker setempat seperti Kodim 0313/KPR, Polres, Dinas Pendidikan, Dinas Bina Marga, Satpol PP Kampar, dan lain-lain. Meski segmen utama peserta ditujukan bagi klub/komunitas sepeda, namun diluar dugaan acara tersebut justru dibanjiri oleh masyarakat luas non-klub/komunitas, khususnya yang berada di seputaran kota Bangkinang. Estimasi kehadiran sejumlah 200 orang peserta meningkat tiga kali lipat menjadi lebih dari 500 pesepeda yang hadir dalam acara tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa olahraga bersepeda telah menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat. Disisi lain, animo masyarakat yang luar biasa ini menunjukkan bahwa masyarakat Kampar haus akan kegiatan kolektif yang bersifat menghibur. Oleh karenanya acara yang diselenggarakan oleh Yonif 132/Bima Sakti ini seolah telah menjadi pelepas dahaga bagi masyarakat pencinta sepeda disana.
Acara diawali dengan kegiatan Gowes bareng pada pukul 07.30 yang menempuh rute semi-off road sejauh lebih kurang 11 Km. Sekembalinya dari kegiatan Gowes bareng, acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan hiburan. Acara hiburan dikemas menarik melalui panduan MC yang kocak dan atraktif berupa lomba menyanyi antar masing-masing perwakilan klub. Disela-sela lomba, juga ditampilkan komedi-komedi segar dengan format Stand-Up Comedy dan pembagian doorprize melalui serangkaian pertanyaan yang dilempar secara terbuka kepada seluruh peserta. Beberapa peserta yang diwawancara mengungkapkan kepuasannya atas terselenggaranya acara ini dan berharap acara serupa dapat terus dilanjutkan pada masa-masa mendatang.
Secara kedinasan, Danyonif 132/Bima Sakti Letkol Inf Nurul Yakin, MA menyatakan bahwa acara ini merupakan implementasi dari program Binter Sat Non-Kowil Yonif 132/Bima Sakti. Acara ini juga merupakan sarana yang efektif bagi prajurit Yonif 132/Bima Sakti untuk menyatu dengan masyarakat. “Tentara harus dicintai dan mencintai rakyat karena tentara tidak dapat hidup tanpa rakyat, dan acara ini merupakan salah satu upaya kami untuk mewujudkan hal tersebut”, demikian kata-kata yang disampaikan oleh Danyonif 132/Bima Sakti pada saat menutup wawancara dengan awak media setempat. (NY).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Yonif 132/Bima Sakti - Halal Bihalal Gowes Community