TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tanam Padi Perdana Lahan Baru

By 08 Sep 2016 15:47Kodam XVII/Cenderawasih
WhatsApp Image 2016-09-08 at 15.10.39

Merauke, (Rabu,07/09/2016)  – Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura bersama – sama dengan aparat TNI AD dan Muspida Kab. Merauke beserta masyarakat melaksanakan Tanam Padi Perdana di area cetak sawah baru tahun 2016 di kampung Bersehati (Erom) Distrik Tanah Miring Kab. Merauke.

Pelaksanaan Tanam Padi Perdana ini dihadiri oleh Aster Kasdam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Edward Sitorus, Kasi Ter Korem 174/ATW Kolonel Arm Moch. Erwansjah, Dandim 1707/Merauke Letkol Inf I Made Alit Yudana, Dandenhub Korem 174/ATW Letkol Chb Didin Zainudin, Sekda Kab. Merauke Drs. Daniel Pauta, Wadan Yonif 755/Yalet Mayor Inf Haryanto Herdrik, Dandenzipur 11/MA Mayor Czi Agus Ikwanto, Kadispotmar Lantamal XI Merauke Mayor laut Subarja, S.TP., Waka Polres Merauke Kompol Marthen W. Asmuruf, S.Sos., Kepala Dinas Tanaman Pangan Dan Holtikultura Kab. Merauke Ir. Bambang Dwiatmoko, M.Si., Kepala Distrik Tanah Miring Drs. David Tom Tuwok dan Kepala Kampung Bersehati (Erom) serta para Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama Kampung Bersehati dan masyarakat Merauke ± 250 (dua ratus lima puluh) orang.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kab. Merauke Ir. Bambang Dwiatmoko, M.Si., meyebutkan bahwa, target lahan yang akan dicapai pada tahun 2016 di Kampung Bersehati seluas 290 ha dan saat ini sudah mencapai 260 ha. “Pencapaian di tanam kedua seluas 17.523 ha dari target seluas 18.249 ha sampai bulan Desember sudah melewati pencapaian sasaran yang rencana di laksanakan” terangnya.

Selain itu, juga telah dilaksanakan pelatihan penggunaan peralatan pertanian terhadap petani dan Babinsa kampung Bersehati. Kepada para petani diminta agar tanggap terhadap masalah-masalah yang terjadi di lapangan dan harus segera dilaporkan ke Dinas secepatnya apabila terjadi kendala.

Program cetak sawah dan kegiatan Tanam Perdana ini di sambut baik oleh masyarakat Kab. Merauke khususnya masyarakat Kampung Bersehati Distrik Taham Miring yang menjadi lokasi Cetak Sawah tahun 2016. Hal ini disampaikan oleh Kepala Distrik Tanah miring Drs. David Tom Tuwok dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang telah hadir dalam kegiatan tanam padi perdana yang di laksanakan di kampung Bersehati Distrik Tanah Miring. Beliau berharap agar para petani dalam pengerjaan tanam padi lebih semangat supaya dapat menghasilkan padi yang baik dan berkualitas.

Bupati Kab. Merauke Frederikus Gabze, S.E., M.Si., dalam sambutannya yang diwakili oleh Sekda Kab. Merauke Drs. Daniel Pauta mengungkapkan bahwa, Kab. Merauke sangat cocok dicanangkan sebagai Kabupaten lumbung pangan. Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Bupati Kab. Merauke kepata TNI AD yang sudah membantu mengawal pertanian di Kab. Merauke. Dihimbai kepada para petani agar semua fasilitas yang telah di berikan dari pemerintah kepada kelompok tani untuk pakai dengan sebaik-baiknya guna kelancaran ekonomi di kampung Bersehati. Disampaikan kepada semua pihak yang sudah bekerja sama dan membantu terlaksananya kegiatan ini untuk memelihara lahan dengan baik agar dapat mendukung ketahanan pangan di Kab. Merauke.

Aster Kasdam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Edward Sitorus dalam sambutannya menjelaskan bahwa, kerja sama antara kementrian pertanian dan TNI AD dimana Kodam XVII/Cenderawasih mendapat target sebanyak 6.052 ha. Berkaitan dengan berbagai hal menyebabkan target yang dicapai kodam XVII/cenderawasih belum terlaksana. Di hadapkan dengan kondisi yang ada sekarang ini hampir sama dikeluhkan para petani di seluruh Papua yaitu permasalahan pengairan. “Persoalan di berbagai daerah tidak sama dan untuk itu kami mengharapkan bantuan dari Pemerintah Daerah untuk ikut membantu dalam program ketahanan pangan di Kab. Merauke dan Program ketahanan pangan ini akan berlanjut sampai tahun 2017” ungkap Aster.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pemberian bantuan alat pertanian dan farietas benih oleh Bupati Kab. Merauke yang diwakili oleh Sekda Kab. Merauke kepada Gapoktan di kampung Bersehati yang di wakili oleh Kepala Kampung Bersehati dan Ketua Gapoktan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tanam Padi Perdana Lahan Baru