TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Babinsa Ajari Kedisiplinan dan Wasbang Pelajar SDN

By 06 Sep 2016 14:07Kodam V/Brawijaya
6 September 2016 M

Bangkalan, Babinsa Koramil 10/Galis Kodim 0829/Bangkalan, Sertu Sunyoto Babinsa Kelurahan Pakaan Dajah melaksanakan pelatihan gerak jalan, PBB (Peraturan Baris Berbaris) dan menyampaikan materi wawasan kebangsaan bertempat di SDN Pakaan Dajah Kelurahan Pakaan Dajah, Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan, Selasa (6/9/2016).

Sertu Sunyoto menyampaikan bahwa “Latihan ini bertujuan untuk membentuk karakter para siswa-siswi agar lebih disiplin dan memupuk jiwa Nasionalisme, sekaligus untuk membina para pelajar SDN Pakaan Dajah agar dapat mengenal kedisiplinan, layalitas dan wawasan kebangsaan dengan baik, sejak dini,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini Babinsa Sertu Sunyoto melatih teori, praktek peraturan baris berbaris dan disiplin termasuk wawasan kebangsaan dan kedisiplinan. Derap langkah yang tegas dan kompak akan sangat mempengaruhi jiwa dan semangat para pelajar SDN Pakaan Dajah, untuk melaksanakan latihan.

Kekompakan mereka tercermin dari sikap disiplin dalam melaksanakan baris berbaris dan membentuk formasi. Pelatihan ini tidaklah cukup hanya dengan belajar baris berbaris saja, karena tujuan pelatihan para pelajar adalah untuk menciptakan kader-kader terampil dan pintar serta mengenal bangsanya sehingga pada akhirnya terbentuklah generasi bangsa yang kuat baik secara fisik, mental, maupun pikiran.

Sementara menurut Komandan Rayon Militer (Danramil) Koramil 10/Galis Lettu Inf Sugeng di sela-sela kegiatan tersebut menyampaikan bahwa para pelajar yang ada di sekolah semangat ikuti latihan. Mereka melaksanakan latihan dengan baik, penuh semangat.

Danramil juga menyampaikan kepada para Babinsa/Pelatih bahwa latih para pelajar dengan baik.

“Maka latihlah mereka semaksimal mungkin. Ajarkan juga kepada mereka yel-yel supaya tetap semangat selama latihan.” tegas Lettu Inf Sugeng.

Kegiatan ini merupakan salah satu pembinaan teritorial bagi satuan komando kewilayahan terhadap masyarakat yang berada di wilayah binaanya.

“Kegiatan ini merupakan salah satu pembinaan teritorial bagi satuan komando kewilayahan terhadap masyarakat yang berada di wilayah binaanya,” kata Lettu Inf Sugeng.

Ia mengatakan, para babinsa juga memberikan materi kedisipinan, wawasan kebangsaan dan latihan baris-berbaris.

“Sejak dini sebagai generasi penerus bangsa harus ditempa dan dimoviasi agar punya semangat dalam menimba ilmu agar kedepan bisa ikut membangun daerah ini menjadi lebih maju,” ungkapnya.

Menurut dia, bangsa Indonesia adalah bangsa besar dengan keanekaragaman suku dan budaya serta agama, tetapi dengan perbedaan tersebut kita tetap satu yaitu bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

“Kita harus bangga dengan keanekaragaman tersebut, seperti semboyan Bhineka Tunggal Ika yang mempunyai arti berbeda beda tetapi tetap satu,” pungkas Lettu Inf Sugeng.

Sedangkan menurut Kepala Sekolah SDN Pakaan Dajah, Sutrisno, S Pd, Msi, menyampaikan bahwa dengan adanya program kegiatan seperti ini tentunya sangat membantu sekolah-sekolah yang berada di daerah pedalaman terutama untuk pelatihan disiplin para siswa.

“Kehadiran TNI di sini membuat kami dekat dengan bapak-bapak TNI terutama anak didik kami. Mereka sangat senang dan bangga dengan kehadiran bapak-bapak TNI,” ujarnya.

Disamping membantu kegiatan mengajar di kelas, prajurit TNI juga melaksanakan pelatihan PBB dan pembentukan disiplin kepada siswa dan ini sangat membantu untuk membentuk karakter serta perilaku yang tertib dan sopan santun, sehingga nantinya dapat diaplikasikan dikehidupan sehari-hari maupun pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Saya sangat senang dan berterima kasih kepada Bapak Danramil dan Babinsa yang telah membantu kami dalam proses kegiatan belajar mengajar di SDN Pakaan Dajah. Saya tidak bisa memberikan apapun kepada bapak-bapak TNI yang telah dengan senang hati dan ikhlas membantu SDN Pakaan Dajah ini, sekali lagi saya mengucapkan terima kasih dan bangga,” ujarnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Babinsa Ajari Kedisiplinan dan Wasbang Pelajar SDN