TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Babinsa Terus Tingkatkan Pendampingan Kepada Para Petani

By 27 Sep 2016 14:28Kodam IV/Diponegoro
WhatsApp Image 2016-09-27 at 11.02.58

Pringsurat,- Dalam rangka mendukung program pemerintah tentang swasembada pangan, Babinsa Desa Soropadan lakukan pendampingan tanam benih padi varietas unggul IR-64 seluas 2 hektar milik petani.

Seluas 2 hektar sawah milik Bpk Romadhon anggota Poktan Sumber Makmur menjadi sasaran kegiatan pendampingan oleh anggota Babinsa dari Koramil-10/Pringsurat Serka Soleh, pada Selasa (27/09). Dimana penanaman benih padi IR-64 tersebut dilakukan dengan sistem jajar legowo 4-1.

Serka Soleh menyampaikan bahwa kegiatan pendamping itu dalam rangka mendukung program pemerintah tentang swasembada pangan dan target luas tambah tanam (LTT), khususnya komoditas padi, jagung dan kedelai.

Disamping itu juga, Bintara Pembina Desa menjelaskan, untuk meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian lahan sawah tidak boleh istirahat, mengingat cuaca masih musim penghujan sehingga sangat mendukung pelaksanaan tanam padi untuk mengejar target luas tambah tanam (LTT).

“Kami ajak para petani dalam bercocok tanam untuk menggunakan benih unggul agar hama/OPT tidak menyerang bahkan menggagalkan panen,” ucap Serka Soleh.

Saat ini para babinsa langusng turun ke lapangan untuk menjemput bola memberikan sosialisasi dan pendampingan tentang pelaksanaan tanam padi. Hal tersebut mengingat masih banyak sebagian para petani masih menggunakan konsep lama atau menerapkan pola lama tentang pertanian.

Lebih lanjut Serka Soleh mengatakan bahwa target hasil luas tanam MT II Tahun 2016 sebentar lagi selesai, dengan demikian diharapkan pertanian dapat meningkat dan sukses sehingga produksi padi yang ditanam pun bertambah banyak karena menggunakan sistem jajar legowo 4-1. Harapannya, rumpun yang dihasilkan semakin banyak dan malai panjang serta bulir padat dan berisi. (Kodim 0706/Temanggung).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Babinsa Terus Tingkatkan Pendampingan Kepada Para Petani