Skip to main content
Berita Satuan

Buwas Nilai TNI Perlu Dilibatkan Atasi Narkoba dan Bekerja seperti “Petrus”

Dibaca: 91 Oleh 08 Sep 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komisaris Jenderal Polisi Budi Waseso mengatakan, sudah saatnya TNI dilibatkan langsung dalam penanganan kasus narkoba.

Keterlibatan TNI dianggap perlu karena negara telah menyatakan darurat narkoba.

“Jika negara sudah menyatakan peran terhadap narkoba, artinya ini statusnya perang. Jadi, sudah masuk otoritas TNI,” kata Budi Waseso di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Senin (28/3/2016).

Pria yang akrab disapa Buwas itu mengatakan, peran TNI sangat dibutuhkan di tengah keterbatasan personel polisi dan petugas lembaga pemasyarakatan.

Hingga kini, negara masih belum bisa menghentikan peredaran narkoba dari balik jeruji besi seperti kasus yang terjadi di Rutan Malabero, Bengkulu.

(Sumber : http://goo.gl/pnqbeK)

“Masuknya narkoba ke lembaga pemasyarakatan itu biasanya dari orang yang besuk. Misal, penghuni lembaga pemasyarakatan ada 1.000 orang, jika yang besuknya saja ada 500 orang per hari, maka sangat tidak memungkinkan untuk diawasi satu per satu,” kata Waseso.

Namun, jika sinergi dibangun dengan TNI, itu bisa dilakukan pembagian waktu jaga di lembaga pemasyarakatan.

Baca juga:  TNI Kirim Bantuan Logistik untuk Suku Mausu Ane di Maluku Tengah

Sejauh ini, TNI sudah menjalankan tugas militer selain perang pada banyak hal, mulai dari mengajar di desa terpencil perbatasan, mendorong produktivitas pangan, hingga percepatan pembangunan jaringan jalan di Papua, dan lain-lain.

Buwas mengatakan, jika mengacu pada ancaman terhadap kedaulatan negara karena bandar narkoba sudah menembus batas negara, itu menjadi sesuatu yang wajar jika TNI juga bertindak represif.

“Saya membayangkan begini, BNN yang serahkan data targetnya, lalu TNI yang ambil. Agak mirip ‘petrus’, penembakan misterius, pada masa silam,” ucap Buwas.

“Mengapa saya berpikir demikian? Karena untuk bandar ini tidak perlu dimanusiakan penanganannya karena mereka tidak memanusiakan orang lain,” kata dia.

Dia mengatakan sudah bertukar pikiran dengan pemerintah soal wacana pelibatan TNI tentang ini. Saat ini, pemerintah sedang mendorong lahirnya payung hukum mengenai peran TNI dalam memerangi narkoba.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel