TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Dandim 0716 Demak Serahkan Estafet Tunas Kelapa Ke Mabicab Grobogan

By 06 Sep 2016 11:31Kodam IV/Diponegoro
6 September 2016 J

DEMAK– Komandan Kodim 0716/Demak, Letkol (Inf) Nanang T.T Wibisono S.A.P, selaku Anggota Mabicab (Majelis Pembimbing Cabang) Gerakan Pramuka Kabupaten Demak, menyerahkan Estafet Tunas Kelapa (ETK) kepada Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Grobogan yaitu Komandan Kodim 0717/Purwodadi Letkol Arh Jan Pieter Gurning di Lapangan SMP 1 Godong kecamatan Godong, Senin (05/9/2016).

Penyerahan ETK dilakukan dalam upacara yang dihadiri Bupati Demak, H.M Natsir di dampingi Wakil Bupati Demak Drs.Joko Susanto dan Forkopimda Demak serta Jajaran Forkopimda Grobogan dan undangan lain.

Setelah diadakan serah terima tunas kelapa dilanjutkan dengan pemberangkatan tunas kelapa menunju wilayah Kwarcab Grobogan dengan disaksikan oleh tamu undangan. Di sepanjang jalan kurang lebih 5 km tunas kelapa disambut meriah oleh anggota pramuka para Pembina dan masyarakat yang berdiri disepanjang jalan yang dilalui oleh tunas kelapa.

Dalam pesan tertulis Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang dibacakan Dandim 0717 Purwodadi, Letkol (Inf) Jan Pieter Gurning menyampaikan syukur kepada Allah SWT, karena kegiatan ETK sebagai ciri khas Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Tengah tahun 2016 adalah yang ke-33 kali dapat berlangsung dengan lancar.

“Kegiatan ETK bertujuan untuk memasyarakatkan Gerakan Pramuka serta nguri-nguri dan menanamkan nilai-nilai kepahlawan para pejuang kemerdekaan Indonesia. Sekaligus untuk memperkuat rasa kebangsaan, merawat solidaritas dan persaudaraan anggota pramuka dengan masyarakat, serta mewujudkan kemajuan pembangunan Jawa Tengah” katanya.

“Sesuai Tema ETK 2016, Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan Kita Memantapkan Pembentukan Karakter Kaum Muda Melalui Estafet Tunas Kelapa Pramuka, diharapkan kita semua dapat menjaga persatuan dan kesatuan organisasi gerakan Pramuka dengan meningkatkan motivasi dan bakti kita untuk lebih memajukan gerakan pramuka sebagai satu-satunya wadah pendidikan kepramukaan di Indonesia,” ungkapnya.

Sejumlah Kegiatan pendukung dalam ETK juga digelar di sepanjang rute. Antara lain, penyambutan pasukan ETK dengan pagar betis oleh anggota pramuka dan masyarakat dengan membunyikan kentongan, gerakan senyari bumi (penghijauan), perkemahan di masing-masing Gugus Depan, donor darah dan drumband. (Kodim 0716/Demak)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Dandim 0716 Demak Serahkan Estafet Tunas Kelapa Ke Mabicab Grobogan