TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

MENGENAL LEBIH DEKAT SATUAN BERKUDA TNI AD

By 28 Sep 2016 13:09Dinas Penerangan
den

Untuk lebih mengenal dan mengetahui tugas-tugas satuan di jajaran TNI AD, Dinas penerangan TNI AD melaksanakan Press Tour dengan Awak Media selama dua hari, dari mulai tanggal 27 sampai dengan 28 September 2016. Press Tour yang diikuti awak media massa nasional elektonik, cetak dan online kali ini dilangsungkan di satuan Detasemen Kavaleri Berkuda TNI AD (Denkavkud) di Parompong, Bandung (28-9-2016).

Satuan Denkavkud merupakan bagian dari Korps Kavaleri TNI AD yang merupakan satuan operasional dibawah Pusat Kesenjataan Kavaleri Kodiklat TNI AD. Tugas Pokok satuan ini melaksanakan tugas operasi khususnya pengamanan yang tidak dibatasi oleh jaring jalan. Selain itu Satuan Denkavkud juga menyelenggarakan tugas-tugas protokoler dan pengembangan olah raga berkuda nasional maupun Internasional. Dikalangan masyarakat tidak banyak yang mengetahui bahwa TNI AD memiliki satuan khusus berkuda.

den1

Sebagai satu-satunya satuan yang mendidik dan melatih kuda-kuda perang. Pasukan berkuda ini juga banyak dilibatkan dalam berbagai tugas kemiliteran maupun protokoler kenegaraan. Bahkan pada saat PON XIX di Jawa Barat lalu, Denkavkud mendapat kehormatan sebagai tuan rumah cabang olah raga berkuda. Dibawah pimpinan Mayor Kav Solikhin, Denkavkud saat ini memiliki lebih 200 ekor kuda dari berbagai jenis dan keturunan yang terpelihara dengan baik. ” Kuda-kuda yang kami miliki lebih dari 200 ekor dan terawat serta terpelihara dengan baik untuk mendukung tugas pokok TNI AD”, jelas Mayor Solikhin.

Dalam pelaksanannya, para awak media menerima penjelasan tentang jenis kuda, perawatan dan cara menunggang kuda serta bagaimana melatih kuda tersebut apabila dugunakan sebagai kuda perang. Para awak media sangat antusias mengikuti kegiatan press tour di Denkavkud tersebut. Hal ini dikarenakan penyelenggraan press tour bagi awak media merupakan suata wahana baru untuk menambah pengetahuan yang tidak akan mereka dapat ditempat lain. Terutama ketika mereka melihat kuda-kuda Denkavkud menunjukkan kemampuannya mengatasi rintangan dan menjalankan perannya sebagai alat angkut manusia dan barang saat perang berlangsung.

Winarko salah seorang perwakilan media massa mengatakan, kegiatan press tour ke satuan jajaran TNI AD sangat penting untuk menambah pengetahuan dan wawasan wartawan tentang tugas-tugas satuan TNI AD.” Dengan Kegiatan press tour ini, kami awak media semakin mengetahui satuan-satuan TNI AD serta tugas-tugasnya”, ujarnya. (Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

MENGENAL LEBIH DEKAT SATUAN BERKUDA TNI AD