Skip to main content
Kostrad

Generasi Muda Juga Bertanggungjawab Menjaga Negara

Dibaca: 117 Oleh 17 Sep 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

( Jakarta, Jum’at, 16 September 2016). Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Edy Rahmayadi menegaskan, generasi muda memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menjaga dan membela Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sangat kita cintai ini. Generasi muda juga harus bisa memahami nilai-nilai kebangsaan.

 

Hal itu dikatakan Pangkostrad saat memberikan kuliah umum tentang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada peserta Rapimnas Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) dan Diklat Kader Angkatan ke – III DPP BKPRMI yang diikuti 300 peserta dari seluruh Indonesia, bertempat di Aula Graha Auditorium Wisma Kemenpora RI, Jl. Gerbang Pemuda No 3 Senayan, Jakarta Selatan. Pangkostrad menyatakan senang dan bahagia diundang memberikan kuliah umum tentang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara.

 

Pangkostrad menekankan kepada para peserta Rapimnas Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) dan Diklat Kader Angkatan ke – III DPP BKPRMI akan pentingnya memiliki wawasan kebangsaan untuk mencapai tujuan Indonesia. Adapun tujuan Indonesia sesuai Pembukaan UUD 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa, mensejahterakan bangsa, melindungi segenap bangsa, dan ikut serta dalam perdamaian dunia. Motivasi yang diberikan itu dibarengi dengan penayangan film singkat. “Nilai-nilai kebangsaan pada hakikatnya merupakan nilai yang disepakati dan dipandang baik melekat pada diri setiap warga negara Indonesia.

Baca juga:  Geladi Posko PPRC TNI

 

“Norma-norma dan etika kebaikan menjadi ciri kepribadian bangsa bersumber dari empat konsensus dasar bangsa, yakni nilai nilai Pancasila, UUD 1945, Negara kesatuan Ripublik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika,” katanya.

 

“Konsepsi kebangsaan harus terus ditumbuhkan pada masyarakat, bangsa dan dikembangkan berstruktur, yaitu berturut- turut pada tingkat kesadarannya,” tegas Pangkostrad.

 

Pada kesempatan itu, Pangkostrad membahas tentang kualitas sumber daya manusia (SDM) dan kemajuan bangsa. Kemajuan bangsa pada masa depan ditentukan melimpahnya sumber daya alam (SDA). “Ketika membicarakan wawasan kebangsaan, sama saja membicarakan wawasan nusantara kita yang merupakan wawasan nasional.

 

“Wawasan nasional Indonesia ini merupakan kristalisasi nilai-nilai luhur kehidupan bersama yang terbangun dalam konsep perikehidupan bangsa Indonesia,” katanya.

 

Pangkostrad juga memperkenalkan tentang wawasana nusantara, diantaranya ketahanan nasional,  kewaspadaan nasional, manajemen nasional, dan pimpinan nasional.

 

Pangkostrad menyebut dan menjelaskan tentang PKI yang mau merusak ideologi Indonesia, Itu termasuk kewaspadaan  nasional.
Kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua Umum BKPRMI bapak H. Said Aldi Al Idrus, SE,  Sekretaris Jenderal BKPRMI bapak H. Dindin Jamaludim, MM serta para Peserta Rapimnas BKPRMI dan Diklat Kader Angkatan ke – III DPP BKPRMI.

Baca juga:  TNI AD Gelar Latihan Bersama Mobile Training Team SFAB US Army di Yonif PR 502/UY Kostrad

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel