TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 0716/Demak Kawal Prosesi Prajurit Patangpuluhan

By 15 Sep 2016 15:30Kodam IV/Diponegoro
WhatsApp Image 2016-09-15 at 10.19.27

Anggota Siaga Kodim 0716/Demak melaksanakan pengamanan bersama jajaran aparat keamanan Kabupaten Demak. Ribuan masyarakat memadati kawasan makam Sunan Kalijaga, Kadilangu, Demak, Jawa Tengah, Senin (12/09/2016). Warga larut dalam antusias untuk menyambut upacara penjamasan pusaka peninggalan Sunan Kalijaga yakni Keris Kyai Crubug dan Kutang Ontokusumo.

Dandim 0716/Demak Letkol Inf Nanang T.T Wibisono S.A.P bersama Bupati Demak Bapak HM Natsir dan sejumlah Forkopimda serta pejabat Pemda Kab. Demak hadir dalam acara tersebut. Prosesi menggunakan kendaraan Andong dan dikawal oleh Prajurit Patangpuluhan (40an). Dalam sejarah Prajurit Patangpuluhan merupakan prajurit khusus andalan Kesultanan Demak yang berjumlah hanya 40 prajurit.

Setiap satu tahun sekali tepatnya 10 Dzulhijjah (Idul Adha), tradisi yang digelar oleh trah Sunan Kalijaga ini rutin dilaksanakan. Usai sholat Idul Adha, satu per satu warga mulai berdatangan ke lokasi untuk menyaksikan prosesi ritual penjamasan. Rutinitas ini memang telah berlangsung turun temurun sejak ratusan tahun silam.

Selanjutnya sekira Pukul 09.10 WIB, rombongan Bupat Demak tiba bersamaan dg R Rahmat dan rombongan LAK/Yayasan Kadilangu di Makam Kadilangu. Selanjutnya melaksanakan Tahlil dan berdoa bersama yg dipimpin K Khasan.
Selesai tahlil dan doa kemudian fihak Panembahan (LAK) dan Forkopimda masuk kemakam KS Kalijaga untuk menjamas pusaka peninggalan KS Kalijaga.Kegiatan menjamas selesai pukul 10.30 WIB. Kemudian rombongan Bupati Demak dan Pihak Panembahan (LAK) meninggalkan Makam KS Kalijaga pulang ke pendopo Kab Demak dan gedong Pangeran P Wijil 5.

Sekira Pukul 11.00 WIB sesepuh Kadilangu R Sujono dan rombongan Kasepuhan tiba di makam KS Kalijaga yg dihadiri utusan dari Keraton Surakarta Hadiningrat KRA Panji untuk melaksanakan Tahlil dan do’a yg dipimpin Modin Wahid.Selesai tahlil dan doa Sesepuh R Sujono  dan kerabat Kasepuhan serta utusan dari Keraton Surakarta  masuk ke makam untuk menjamas pusaka peninggalan KS Kalijaga Kadilangu. Kegiatan selesai pukul 12.00 WIB.

Dengan telah selesainya rangkaian kegiatan Penjamasan pusaka Kyai Cubruk dan Kotang Ontokusumo. Peninggalan Sunan Kalijaga dan masing masing pihak penjamas telah kembali pulang ke tempatnya masing masing. Maka para warga masyarakat yang menyaksikan rangkaian kegiatan adat dari sepanjang jalan pendopo kabupaten hingga depan makam Kadilangu. Mereka membubarkan diri dengan tertib karena rangkaian acara adat penjamasan pusaka telah selesai. (Pendim 0716/Demak)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 0716/Demak Kawal Prosesi Prajurit Patangpuluhan