Dinas Penerangan

Latma Safkar Indopura 2016 Resmi Ditutup

Oleh 23 Sep 2016 No Comments
#TNIAD 

Brigjen Alfred Fox, Comd 3 Division of Singapore Armed Force, hari ini (Jumat, 23/9/2016) secara resmi menutup Latihan Bersama Singapore Armed Forces – Kartika Indopura ( Latma Safkar Indopura ) 2016.

Upacara Penutupan berlangsung di Lapangan PTPN Desa Panghegar, Cipatat. Sebelum upacara, Brigjen Fox didampingi Kasdam III/Slw, Brigjen TNI Wuryanto, menyaksikan langsung materi Serangan Pemukiman (Sermukim) oleh prajurit Brigif 15 Kodam III/Slw dan prajurit Brigif 3 SAF. Para prajurit dari kedua negara mampu merebut sasaran yang ditentukan sebagai hasil koordinasi taktis yang mantap antar para Komandan di lapangan. Meskipun para prajurit berasal dari negara yang berbeda, mereka memiliki kesepahaman dalam doktrin taktis pertempuran.

Latma Safkar Indopura 2016 dilaksanakan pada 14 – 23 September dengan melibatkan 300 personel ( 160 org TNI – AD dan 140 org SAF ) di daerah latihan Cipatat Kompleks. Materi latihan meliputi : Shooting Familiarisation dan Field Training Exercise (Patroli penyergapan, Patroli Keamanan dan Serangan Pemukiman). Disamping untuk meningkatkan profesionalitas prajurit kedua negara dalam hal kesepahaman doktrin pertempuran, latihan juga bertujuan untuk memelihara dan mempererat kerjasama antara TNI – AD dan Singapore Armed Forces yang telah terjalin selama ini.

Baca juga:  Laporan Komisi I DPR RI Mengenai Hasil Pembahasan Calon Kepala Badan Intelejen Negara Dan Panglima TNI

“Kami mengucapkan terimakasih kepada TNI – AD, khususnya Kodam III/Siliwangi dan Brigif 15/Kjg yang telah menyelenggarakan latihan ini dengan sebaik-baiknya”, ucap Brigjen Fox saat menutup kegiatan latihan. “Sampai bertemu di Singapura tahun depan”, tambahnya lagi. Upacara penutupan juga ditandai penyerahan secara simbolis Obor Safkar Indopura dari Brigjen TNI Wuryanto kepada Brigjen Fox, sebagai pertukaran penyelenggara dan lokasi latihan tahun depan, dari TNI – AD kepada Singapore Armed Forces.

Pada akhir upacara, para tamu SAF disuguhkan dengan demonstrasi Barongsay yang ditampilkan oleh prajurit Brigif 15 dan tarian daerah Jawa Barat oleh sanggar tari binaan Kodam III/Slw.

Tak kalah menariknya para prajurit TNI – AD dan prajurit SAF menampilkan yel-yel bersama sebagai wujud kekompakan angkatan darat kedua negara.

Tampak hadir dalam upacara tersebut Wadan Pussenif, para Asisten Kasdam III/Slw, para Kabalak Kodam III/Slw, Dan Brigif 15 Kodam III/Slw, Dan Brigif 3 SAF, Danyon jajaran Brigif 15, para Perwira Staf Divisi 3 SAF dan Paban V/Kermamil Sopsad. (Dispenad)

Baca juga:  Petinggi TNI-Polri Pastikan Bantuan Sampai Di Lombok

Komentar