TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Menhan RI Diangkat Sebagai Warga Adat Perbatasan RI-PNG

By 21 Sep 2016 15:30Kodam XVII/Cenderawasih
21-September-2016-P

Jayapura – Menteri Pertahanan Republik Indonesia Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu dikukuhkan sebagai warga kehormatan adat Skouw perbatasan RI-PNG, Kota Jayapura oleh Ondoafi (kepala adat) Skouw Sae Yans Malau, Selasa (20/09).

Menhan Ryamizard Ryacudu tiba di Desa Skow Jayapura, yang berbatasan langsung dengan Desa Wutung (Papua Nugini). Kehadiran Bapak Menhan langsung disambut oleh para tetua adat setempat dengan prosesi pemberian gelar kehormatan adat. Pengukuhan sebagai warga kehormatan tersebut dilakukan sebelum Menhan mengukuhkan 124 kader bela negara di Jayapura.

Setelah kunjungan di daerah Skow Perbatasan RI-PNG kemudian Bapak Menhan menuju Jayapura untuk pengukuhan kader bela negara se-Jayapura. Dalam sambutannya, Menhan menegaskan bahwa bela negara adalah kewajiban bagi seluruh rakyat Indonesia. Dengan bela negara, seluruh rakyat Indonesia bisa paham bagaimana pentingnya menjaga harkat dan martabat bangsa.

Beliau juga menyampaikan bahwa pentingnya kesadaran bela negara untuk menjadi modal untuk membangun bangsa yang berkepribadian dan berkebudayaan dan sejajar dengan negara negara maju lainnya di dunia.

Dalam program bela negara tersebut para peserta diberikan beberapa materi terkait kesadaran bela negara. Materi-materi tersebut antara lain berkaitan dengan wawasan kebangsaan, disiplin bernegara, kepemimpinan dan kerja sama tim.

Program bela negara ini sangat bermanfaat untuk menjaga pertahanan Indonesia dari bahaya seperti radikalisme, terorisme dan premanisme yang masih marak. Percuma suatu negara memiliki alutsista yang super canggih jika mental para warganya jauh dari nilai-nilai Pancasila.

Setelah sambutan, Bapak Menhan menyampaikan pesannya kepada para pemuda kader bela negara. Pesan tersebut menyebutkan bahwa NKRI adalah harga mati dan harus dijaga sampai titik darah penghabisan, NKRI adalah milik kita, sebagai bangsa Indonesia adalah kewajiban kita untuk menjaganya sepanjang masa. Bangunlah jiwanya hanya untuk Indonesia Raya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Menhan RI Diangkat Sebagai Warga Adat Perbatasan RI-PNG