TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Menyulap Lahan Kosong Menjadi Lahan Yang Bermanfaat

By 21 Sep 2016 20:35Kodam Jaya
21-September-2016-T

Minimnya lahan pertanian di wilayah perkotaan dan tingginya harga hasil pertanian di pasaran, mendorong masyarakat kota saat ini berpikir dan berinovasi mencari cara mengatasinya. Dari menekan daya beli sampai dengan memanfaatkan lahan di sekeliling rumahnya untuk bercocok tanam, menjadi trend yang dilakukan masyarakat agar terpenuhi kebutuhannya akan hasil pertanian. Melihat kondisi tersebut TNI AD melalui satuan kewilayahan yang dimotori para Babinsa, mengajak masyarakat diwilayahnya untuk memanfaatkan lahan kosong sebagai lahan bercocok tanam seperti yang dilakukan di Koramil 21/Panongan Kodim 0506/Tangerang. Selasa (20/9).

Melalui babinsanya, mereka berusaha membuat kebun percontohan di tanah milik Koramil 21/Panongan. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk menjadikan lahan kosong menjadi lahan yang bermanfaat dan dapat dijadikan seagai lahan pertanian. Bahkan kegiatan membuat kebun percontohan ini, dilakukan di depan pelajar SMA/SMK se-Kecamatan Panongan dengan harapan bahwa pelajar SMA/SMK yang nantinya menjadi generasi penerus bangsa mampu menjadi motor dalam memanfaatkan lahan kosong sebagai lahan pertanian yang bermanfaat bagi lingkungan dan keluarganya.

Menurut Danramil 21/Panongan Kapten Inf Robby, pembuatan kebun percontohan ini dilakukan sebagai wujud nyata pemanfaatan lahan kosong yang selama ini nyaris tidak pernah disentuh. Harapannya, Pelajar akan tahu bahwa dengan semangat, apapun kondisi lahan yang ada akan tetap dapat memberikan manfaat apabila dikelola dengan baik. “Kebun yang akan dijadikan sebagai kebun percontohan ini nantinya akan ditanami berbagai macam sayur-sayuran seperti Bayam, Sawi dan Cabai serta masih banyak lagi jenis sayuran yang akan ditanam. Selain sayuran, di kebun ini juga ditanami bibit buah pepaya, sehingga kebun ini nantinya dapat menghasilkan secara maksimal”. Kata Danramil.

Dalam pelaksanaan pembuatan kebun percontohan ini, anggota koramil juga memberikan penjelasan dan wawasan kepada Pelajar yang ikut membantu tentang bagaimana tata cara pengolahan tanah yang tepat, agar tanah menjadi subur dan memperoleh hasil yang baik. “Kami mengharapkan, dengan adanya kebun percontohan serta penjelasan dan wawasan yang diberikan dapat memberikan motivasi tersendiri khususnya Pelajar untuk dapat membuat kebun dengan memanfaatkan lahan pekarangan maupun lahan pertanian yang mereka miliki sehingga hasilnya nanti dapat membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari serta meningkatkan pendapatan warga masyarakat”. kata salah satu Pelajar

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Menyulap Lahan Kosong Menjadi Lahan Yang Bermanfaat