TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Merauke Sebagai Lumbung Pangan Nasional Wilayah Indonesia Timur

By 26 Sep 2016 14:38Kodam XVII/Cenderawasih
36.jpg

(Merauke. Senin, 26 September 2016) – Komandan Korem 174/ATW Brigjen TNI Asep Setia Gunawan, S.I.P. bersama Pemerintah Daerah Kab. Merauke serta masyarakat beberapa waktu lalu melaksanakan tanam padi serentak. Pelaksanaan tanam padi serentak ini berlokasi di Kampung Padang Raharja Distrik Malind Kab. Merauke.

Tanam padi serentak ini dalam rangka mensukseskan program pemerintah yang dicanangkan oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo guna mewujudkan swasembada pangan tahun 2017. Dalam tanam padi serentak ini mengangkat tema “Dengan gerakan tanam terpadu kita sukseskan kemandirian pangan menuju kedaulatan pangan 2017”.

Tanam padi perdana ini disambut dengan penuh suka cita dan ucapan banyak terimakasih dari masyarakat kampung Padang Raharja Distrik Malind. Rasa terima kasih disampaikan oleh Kepala Kampung Padang Raharja Sutarjo.

Dalam sambutannya Kepala Kampung Padang Raharja Sutarjo mewakili seluruh masyarakat kampungnya menyampaikan ucapan terima kasih kepada para aparat TNI khususnya TNI AD. Dirinya bersyukur TNI AD ikut membantu terlaksananya kegiatan tanam padi serentak ini sehingga pelaksanaan tanam padi serentak dapat berjalan dengan baik.

Lebih lanjut Sutarjo menjelaskan, lahan cetak sawah yang sudah dikerjakan seluas 100 hektare telah siap untuk ditanami.

“Dalam kesempatan ini saya mewakili seluruh masyarakat kampung Padang Raharja menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi yang sangat luar biasa kepada pihak TNI telah membantu Petani. Semoga yang dicanangkan oleh Presiden RI menuju kemakmuran dan kesejahteraan warga masyarakat khususnya dibidang pangan dapat tercapai”, ungkap Sutarjo.

Dalam sambutannya Komandan Korem 174/ATW Brigjen TNI Asep Setia Gunawan, S.I.P. menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat yang turut hadir dalam kegiatan ini. Kegiatan ini sudah diprogramkan oleh Pemerintah pusat dalam rangka mendukung ketersedian pangan yang melimpah.

“Program ketahanan pangan dimanapun berada pihak TNI-AD telah menjalin hubungan kerjasama untuk saling bahu membahu dengan warga masyarakat demi terciptanya program ketahanan Pangan Nasional”, tegas Danrem.

Danrem juga menyampaikan bahwa Kabupaten Merauke sudah dicanangkan dan diprogramkan sebagai Lumbung Pangan Nasional wilayah Indonesia Timur. Dengan dukungan Alat mesin pertanian (Alsintan) dari Pemrintah Pusat sesuai yang disalurkan oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kab. Merauke. Kodim 1707/Merauke telah mendapatkan gelar dari Menteri Pertanian sebagai Brigade Alsintan Kabupaten Merauke.

“Kami Pihak TNI-AD akan siap sedia memberikan bimbingan dan pendampingan pelatihan penggunaan alsintan yang berada di Kabupaten Merauke”, ungkapnya.

Pernyataan Danrem tersebut sekaligus membuka dengan resmi pelaksanaan pelatihan Alsintan di Kab. Merauke.

Usai memberikan sambutan, Danrem 174/ATW menyerahkan bantuan Alsintan dari Pemerintah kepada Kelompok Tani Padang Raharja. Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman padi serentak secara simbolis oleh Danrem 174/ATW Brigjen TNI Asep Setia Gunawan, S.I.P. beserta Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Merauke Ir. Bambang Dwiatmoko, M.Si.

Kegiatan ini juga diikuti oleh Kasrem 174/ATW Kolonel Inf R Sidharta Wisnu Graha, Dandim 1707/Merauke Letkol Inf Imade Alit Yudana serta unsur pemerintah Kabupaten Merauke. (penrem 174/ATW)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Merauke Sebagai Lumbung Pangan Nasional Wilayah Indonesia Timur