TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam II/Swj Motivasi Petani Ciptakan ”Lumbung Pangan”

By 02 Sep 2016 14:16Kodam II/Sriwijaya
lumbung-padi

Pelembang, Kamis (1/9),- Di sela kunjungan ke wilayah Korem 045/Gaya, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Sudirman, S.H, M.M beserta rombongan melaksanakan tanam padi perdana bersama FKPD Provinsi Babel di Desa Batu Betumpang, Kec. P. Besar Kab. Bangka Selatan.

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Gubernur Babel beserta jajarannya, khususnya warga Kecamatan Pulau Besar Kabupaten Bangka Belitung yang telah bekerja sama serta berpartisipasi aktif dalam pencapaian program ketahanan pangan nasional yang sekaligus menyejahterakan kehidupan masyarakat.

Pangdam menjelaskan bahwa masalah pangan mendapat perhatian dan atensi yang serius dari Presiden RI, Ir. H Joko Widodo. Oleh sebab itu, Kodam II/Swj dan jajarannya berkomitmen membantu sepenuhnya program pemerintah daerah menuju Ketahanan Pangan. Hal ini diwujudkan dalam bentuk pendampingan oleh para Babinsa di seluruh wilayah Kodam II/Swj dengan memberikan motivasi kepada para petani sehingga desa yang menjadi wilayah binaan akan menjadi ”Lumbung Pangan,”.

“Seluruh aparat komando kewilayahan, terutama para Babinsa bersama  mitra terkait agar terus memberikan motivasi dan pendampingan kepada para petani maupun kelompok tani serta membantu permasalah yang dihadapi petani, agar produksi padi semakin meningkat dan setiap desa mampu menjadi lumbung pangan”, tandas Pangdam.

Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan, menurut Pangdam diperlukan adanya koordinasi dan sinergitas produksi pertanian di seluruh wilayah Sumbagsel. Hal ini dapat dilakukan  melalui perbaikan sarana dan prasarana irigasi, pemberian bantuan benih, alat mesin pertanian, pupuk maupun penyuluhan kepada para petani secara maksimal. Selain itu, perlu kecepatan dan ketepatan dalam distribusi kebutuhan petani, sehingga tidak terjadi kelangkaan yang dapat menimbulkan gejolak.

Hadir pada kesempatan tersebut antara lain Gubernur Bangka Belitung H Rustam Efendi, B.Sc, Wali Kota Pangkal Pinang Muhammad Irwansyah, S.Sos, M.Si, dan unsur FKPD,  Darem 045/Gaya Kolonel Inf Tjatur Putra Gunadi Genah S.Sos.,M.M., para Asisten Kasdam II/Sriwijaya, Kapendam II/Swj, para Tokoh masyarakat Bangka Belitung serta warga masyarakat di Desa Batu Betumpang, Kec. P. Besar Kab. Bangka Selatan. (Pendam II/ Swj)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam II/Swj Motivasi Petani Ciptakan ”Lumbung Pangan”