TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam VI/Mlw Tinjau Kesiapan Satgas Karhutla Kalimantan Selatan

9-September-2016-C

Banjarbaru, (Jumat, 09/09/2016), – Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Johny L. Tobing bersama Gubernur Kalsel, Kapolda, Diputi BNPB RI didampingi Dansatgas Karhutla Kolonel Kav Yanuar Adil meninjau apel gelar pasukan dan perlengkapan kesiapsiagaan Darurat Bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan di kawasan perkantoran Pemprov Kalsel, Jl. Aneka Tambang Trikora Banjarbaru Kalsel, Selasa Pagi (6/9).

Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor mengatakan bahwa saat ini sudah terbentuk Satgas Karhutla wilayah Kalsel, dibawah komando Danrem 101/Ant. Status darurat bencana di wilayah Kalsel sudah berlaku sejak 15 Agustus sampai 15 November 2016. Oleh karenanya, kesiapsiagaan kita sangat diperlukan agar kebakaran hutan dan lahan bisa kita kendalikan sedini mungkin, kita juga harus sinergis dalam mencegah hal-hal yang dapat memicu timbulnya Karhutla.

Selanjutnya, kebakaran hutan dan lahan merupakan bencana tahunan yang dialami dan sering terjadi di Kalsel. Hampir disetiap musim kemarau tiba dan jadi masalah yang banyak menguras energi kita untuk menanggulanginya.

Gubernur mengimbau kepada pasukan siaga darurat bencana asap, semua unsur yang hadir, baik pemerintah swasta, maupun masyarakat untuk bekerja bersama secara maksimal dalam rangka menanggulangi kebakaran hutan dan lahan.

Dalam Apel tersebut, Gubernur menyerahkan secara simbolis alat perlengkapan lapangan berupa pemadam kebakaran kepada satgas Karhutla.

Hal senada juga disampaikan oleh Pangdam VI/Mlw usai melaksankan apel gelar pasukan, dikatakan bahwa dalam menanggulangi bencana kabut asap tentunya kita harus bersinergi, apa potensi yang dimiliki tiap-tiap daerah berbeda, kebetulan di sini lebih lengkap bila dibandingkan wilayah lainnya yaitu Kaltim, Kaltara dan Kalsel.

“Saya melihat di sini intansi satuan dinas, dan Pemerintah yang terlibat dalam penanganan Karhutla lebih lengkap disini, kan tiap tahun kerap terjadi kabut asap,” ungkap Pangdam.

Disinggung masalah kesiapan, Pangdam mengatakan pula bahwa ini satgas yang paling siap dibandingkan satgas tahun lalu, mudah-mudahan ini tidak begitu terlalu banyak menyebabkan kabut asap. Untuk masalah dukungan Kodam sendiri, Pangdam mengatakan semua personel mendukung. Diminta tidak diminta kita sudah siap, kita berikan apa yang menjadi kesulitan masyarakat akibat dampak asap tersebut. (Korem 101/Ant)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam VI/Mlw Tinjau Kesiapan Satgas Karhutla Kalimantan Selatan