TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Panglima TNI Tegaskan Pulau Natuna Milik Indonesia

By 26 Sep 2016 21:48Berita Satuan
26-September-2016-AF

Letak Pulau Natuna yang sangat strategis karena berada di dekat kawasan Laut China Selatan dan memiliki sumber daya alam yang luar biasa, menjadikan pulau itu diperebutkan banyak negara, seperti Vietnam, Filipina, Brunei Darussalam, dan China. Kondisi ini membuat kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI terganggu dan menuntut pemerintah untuk memperhatikan secara khusus keberadaan Pulau Natuna tersebut.

Setelah selesai memberikan orasi ilmiah dalam Dies Natalis Ke-53 Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto di Graha Widyatama Unsoed Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menegaskan bahwa Pulau Natuna berada di wilayah Indonesia sehingga mutlak milik Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Wilayah NKRI, enggak bisa dinegosiasi lagi, sudah utuh, dan harga mati,” jelas Panglima. Senin (26/9)

Pernyataan Panglima tersebut bukan tidak ada dasar, sesuai Deklarasi Djuanda tahun 1957 ditetapkan bahwa pulau-pulau terluar pada Gugusan Natuna tersebut dijadikan titik dasar terluar wilayah Indonesia. Bahkan, sesuai dengan Konvensi Hukum Laut 1982, titik dasar tersebut telah didaftarkan oleh Pemerintah Indonesia di Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 2009.

Menurut Panglima TNI, TNI akan membangun pangkalan pesawat TNI Angkatan Udara, pangkalan kapal TNI Angkatan Laut, dan pangkalan TNI Angkatan Darat di pulau yang terletak di utara Indonesia. “Pangkalan sedang kita bangun di sana (Pulau Natuna) dan saya berharap pembangunan pangkalan tersebut akan selesai dalam dua hingga tiga tahun,” tegasnya. (Sumber : Kompas.com)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Panglima TNI Tegaskan Pulau Natuna Milik Indonesia