TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Prajurit TNI Bangun PLTA Terangi Distrik Makbon Sorong

26-September-2016-D

Sorong. (Sabtu, 24 September 2016) – Listrik hingga saat ini masih menjadi kendala bagi masyarakat yang ada di wilayah Papua khususnya bagi mereka yang tinggal di daerah pedalaman. Listrik hanya dirasakan dan dinikmati masyarakat di ibukota Kabupaten, sedangkan masyarakat yang tinggal di kampung-kampung sebagian besar belum menikmati listrik. Walaupun ada mereka masih menggunakan mesin Diesel yang penggunaannya sangat terbatas.

Untuk mengatasi masalah tersebut prajurit TNI yang bertugas di Koramil 1704-10/Makbon bersama masyarakat setempat membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Distrik Makbon Kabupaten Sorong, Sabtu (24/9). Kegiatan tersebut dipimpin Danramil 1704-10/Makbon Kapten Inf Soleman Sanggel. Proses pembuatan PLTA tersebut sudah dimulai dari Jumat 23 September 2016 dan telah memasuki tahap pengecoran penampungan bak air.

Danramil 1704-10/Makbon mengatakan untuk mengurangi pemakaian diesel pihaknya mendukung penuh upaya dari Kepala Distrik dan Kepala Kampung Makbon dalam pelaksanaan pembangunan bak air untuk pendukung sarana PLTA. Aliran Sungai di kampung tersebut akan dibangun sebuah bak air yang nantinya akan difungsikan untuk penampungan irigasi dan akan ditingkatkan kapasitasnya untuk PLTA skala kecil guna mengurangi pemakaian diesel serta lebih hemat.

“Nantinya pembangunan PLTA ini akan melibatkan Pemerintah Daerah bersama masyarakat dan bantuan dari prajurit TNI dari Koramil 1704-10/Makbon. Diharapkan jika PLTA di Distrik Makbon Kabupaten Sorong ini sudah dibangun, maka seluruh wilayah akan bisa dialiri listrik. Karena selama ini masyarakat di daerah ini mendapatkan pasokan listrik dengan menggunakan mesin Diesel,’ ujar Kapten Inf Soleman Sanggel “. (Pendam 17/Cen)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Prajurit TNI Bangun PLTA Terangi Distrik Makbon Sorong