TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Sambut HUT TNI Ke-71, Kodam Jaya Gelar Lomba Baca Puisi

By 28 Sep 2016 15:13Kodam Jaya
WhatsApp Image 2016-09-28 at 13.22.06

‘Doa Anak Pahlawan’ buah karya Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, merupakan salah satu puisi yang terdengar mendominasi, dibawakan sebagian besar peserta lomba baca puisi jajaran Kodam Jaya. Lomba tersebut digelar dalam rangka menyambut HUT TNI Ke-71 yang jatuh pada tanggal 5 Oktober 2016.

Ada 35 orang peserta yang ikut dalam lomba baca puisi. Para peserta merupakan perwakilan dari seluruh satuan jajaran Kodam Jaya, dan ada juga para pelajar SLTA/SLTP Jabodetabek serta anggota Persit KCK PD Jaya. Dimana kegiatan pembukaan dilaksanakan di Aula Sudirman Makodam Jaya, Jakarta Timur, Selasa (27/09).

Perlombaan dengan mengandalkan olah rasa dengan dasar kriteria seperti pemahaman, penghayatan, artikulasi, volume dan intonasi ini, memiliki tujuan untuk melahirkan pujangga pujangga baru di kalangan militer. Disamping itu juga sekaligus menggelorakan kembali kecintaan terhadap NKRI dan nasionalisme dengan pengharapan, dapat memperoleh pemahaman nilai-nilai.

keteladanan para pendiri bangsa, membentuk keharmonisan antar prajurit dan generasi muda bangsa, disamping sebagai wadah untuk mengeksplore sense of art serta talen yang dimiliki para Prajurit dan PNS Kodam Jaya serta masyarakat.

Tidak tanggung-tangguna, panitia pelaksana sengaja menghadirkan 3 juri kondang dari Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

Para peserta diharuskan membacakan pusisi materi “wajib” maupun “pilihan,” dapat tersaji secara bergantian sesuai urutan dan nomor undian. Suasana sedih, haru dan penuh semangat tergambar di raut wajah setiap peserta, tampak larut dibalut nuansa kemerdekaan dan kekinian.

Berdasarkan keputusan tim juri, diputuskan Lettu (K) Elly Kusumasari tampil prima dan menyakinkan serta berhasil meraih juara pertaman untuk kategori TNI dan PNS. Sementara siswi SLTA atas nama Dlayya mengumpulkan nilai 12.900 poin, keluar sebagai juara pertama untuk kategori Pelajar dan Masyarakat.

Sedangkan untuk kategori Persit, Ibu Rosalina berhasil menjadi yang terbaik. Dari ketiga kategori yang diperlombakan tadi. (Pendam Jaya)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Sambut HUT TNI Ke-71, Kodam Jaya Gelar Lomba Baca Puisi