TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Satgas Pamtas RI – PNG Gelar Pengobatan dan Sunatan Massal Gratis

By 22 Sep 2016 21:22Kodam IV/Diponegoro
22-September-2016-B

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 407/PK melaksanakan pelayanan kesehatan pengobatan dan sunatan massal secara gratis di Distrik Sota, Merauke, Rabu (21/9/2016). Adapun pelayanan kesehatan tersebut bertepatan dengan kunjungan kerja Menhan Ryamizard Ryacudu ke salah satu Pos Satgas Pamtas Yonif 407/PK yaitu Pos Komando Utama (Kout) yang terletak di Distrik Sota.

Pengobatan dan sunatan massal yang diadakan oleh Satgas Pamtas Yonif 407/PK sebagai salah satu program teritorial bagi masyarakat perbatasan RI – Papua New Guinea. Selain pengobatan massal yang dilaksanakan setiap bulan, Satgas Yonif 407/PK juga secara langsung mengunjungi masyarakat dari rumah ke rumah untuk lebih dekat dengan masyarakat dan melihat langsung kondisi lingkungan tempat tinggal masyarakat.

“Tujuan pengobatan ini untuk membantu masyarakat di wilayah perbatasan. Karena kita tahu bahwa di perbatasan ini masyarakat kehidupannya sangat terbatas karena pengaruh lingkungan maupun kondisi sosial ekonomi mereka sehingga rentan terhadap penyakit. Namun kadangkala kesadaran masyarakat kurang untuk langsung berobat ke Puskesmas atau Pustu (Puskesmas pembantu), sehingga dengan kegiatan pengobatan massal ini diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk berobat dan peduli dengan kesehatannya,” kata Dansatgas Pamtas Yonif 407/PK Letkol Inf Abi Kusnianto.

Dalam mengadakan pengobatan dan sunatan massal ini, Satgas Pamtas Yonif 407/PK juga melibatkan Puskesmas Distrik Sota. Tidak kurang dari 138 orang warga masyarakat perbatasan mendatangi tempat pengobatan dan 18 orang anak-anak masyarakat perbatasan melaksanakan sunatan di pos Kout Sota.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Satgas Pamtas RI - PNG Gelar Pengobatan dan Sunatan Massal Gratis