Skip to main content
Kodam IV/Diponegoro

TMMD Makin Menyatukan TNI dan Masyarakat

Dibaca: 130 Oleh 26 Sep 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JEPARA , (26 September 2016). Desa Bringin, Kecamatan Batealit, Jepara, tiba-tiba ramai oleh lelaki gagah berbaju loreng. Tidak tanggung-tanggung, mereka berada di tengah tengah masyarakat yang berbaur menjadi satu dan bercanda ria seperti tidak ada jarak diantara mereka.

TNI dari jajaran Satgas TMMD REG 97 TA 2016 Kodim 0719/Jepara dimulai tanggal 20 September sampai 19 Oktober 2016. Keberadaan Satgas TMMD berada di desa tersebut dalam rangka melaksanakan kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 97. Ada dua hal yang dilakukan oleh pasukan TNI di daerah itu untuk melaksanakan pembangunan fisik dan non fisik.

Pada kegiatan itu, prajurit yang berasal dari Papua menjadi perhatian warga Bringin, Pasalnya, warga Bringin sendiri banyak merantau ke Papua. Sekarang orang Papua malah merantau ke desa Bringin seperti tidak ada jarak yang jauh antara Bringin dengan Papua. Guyonan itu terlontar dalam bincang bincang saat warga adakan ronda siskamling bersama TNI dan Warga.

Ketika turun ke kampung dalam rangka TMMD, jangan berharap bisa menemukan tentara yang berwajah angker garang seperti akan perang. Wajah-wajah pasukan penjaga kedaulatan bangsa itu nampak bersahabat, ceria dan penuh suka rela. Mereka terlihat menyatu dengan masyarakat setempat. Tanpa sekat dan tanpa perbedaan. “Mereka benar-benar manunggal bersama kami,” ujar seorang warga.

Baca juga:  Kehadiran Satgas TMMD 101 Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Umbulharjo

Pjs. Kepala Desa, Sukur mengatakan, kehadiran pasukan TNI dalam rangka melakukan pengabdian, sangat membantu pihaknya. Semua kegiatan berdampak positif bagi pembangunan di desa yang dia pimpin.

“Kalau ditanya harapan, saya berharap agar program TMMD ini terus berjalan. Jangan berhenti sampai di sini,” ujarnya dengan nada penuh harap. (Kodim 0719/Jepara)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel