TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TNI Dan Satgas Karhutla Berhasil Padamkan Kebakaran Lahan

By 06 Sep 2016 08:08Kodam I/Bukit Barisan
6 September 2016 A

Pasir Pangraian (5/9/2016) – Koramil 02/Rambah dan Tim Satgas Karhutla Kab. Rohul berhasil memadamkan kebakaran lahan. Api yang melahap satu hektar lahan karet tua yang sudah di imas tumbang berada di Desa Sialang Jaya Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu minggu (4/9/2016).

Informasi kebakaran lahan berawal dari pantauan satelit Terra dan Noaa bahwa di lokasi tersebut terjadi kebakaran lahan. Selanjutnya, Tim Satgas Karlahut menuju lokasi.

“Dandim 0313/Kpr memberitahu saya melalui via Telepon, dari pantauan Hotspot ditemukan titik api. Selanjutnya, kita langsung mengecek ke lapangan”, ungkap Danramil 02 Rambah Kapten Arm Alza Septendi, yang berada di lokasi kebakaran.

Setiba di lokasi, Tim Satgas Karhutla menemukan lahan karet tua seluas 1 Hektar Coordinates N00 49’40.248” E100 16’45.139” yang sudah di imas tumbang. Diduga lahan memang sengaja dibakar oleh pemiliknya untuk membuka lahan baru. Hal tersebut terlihat saat petugas mendapati adanya galangan anak kayu sebagai pembatas lahan yang akan dibakar.

Danramil 02 Rambah menghimbau kepada masyarakat yang ada di wilayah teritorialnya supaya jangan membakar lahan jika ingin bercocok tanam. Karena dampaknya sangat berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan masyarakat luas.

“Jika ingin bercocok tanam, gunakanlah dengan cara yang lain. Bisa dengan ditumpukkan saja hingga kayu tersebut membusuk”, terang Danramil 02 Rambah.

Dikatakannya, bila dengan cara membakar, selain melanggar aturan hukum, hal itu juga sangat merusak lingkungan. Apalagi bencana asap yang selama ini dirasakan bisa berpengaruh bagi kesehatan masyarakat.

Selanjutnya tim Satgas karhutla yang terdiri dari TNI, POLRI, BPBD Kab. Rohul dan masyarakat berusaha untuk memadamkan api yang melahap lahan dengan menggunakan dua unit mobil Damkar milik BPBD Kab. Rohul.

Masih di tempat yang sama, Kapala Desa Sialang Jaya Topik Ahmadi menjelaskan, lahan tersebut bukan milik warganya, melainkan milik warga Desa Rambah Tenga Barat Kecamatan Rambah.

“Kalau lahan ini memang masih wilayah desa kita pak, tetapi untuk pemiliknya bukan warga kita melainkan milik warga Desa Rambah Tengah Barat pak”, jelas Topik

Saat ini, pihak kepolisian sedang melakukan menyelidiki untuk mengetahui siapa pemilik lahan dan penyebab dari kebakaran lahan tersebut. Pemadaman selesai dilaksanakan hingga malam.

“Besok siang kita akan pasang garis polisi guna penyidikan lebih lanjut”, tegas AKP Masjang Efendi.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TNI Dan Satgas Karhutla Berhasil Padamkan Kebakaran Lahan