TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TNI Datang Warga Keerom Bersyukur.

By 14 Sep 2016 11:11Kostrad, Kodam V/Brawijaya
muhajir(1)

Keerom  (13 September 2016)
TNI melalui Satgas Pamtas Yonif Mekanis 516/CY berupaya menumbuh kembangkan kembali semangat kegotong royong dimana pun bertugas. Wujud ini dilaksanakan melalui kegiatan Karya Bhakti di lingkungan Gereja Katolik Santo Yakobus Workwana, Kab. Keerom, Selasa (13/09/2016)
Kegiatan tersebut, dipimpin langsung oleh Pabintal Satgas Yonif Mekanis 516/CY, Mayor Caj Sarto. Personel Satgas Yonif Mekanis dan warga setempat yang terlibat kegiatan Karya Bhakti sebanyak 50 orang.  Dengan sasaran Karya Bhakti pengecatan bagian dalam gedung gereja, pembuatan taman di halaman depan gereja. Selain itu penyiapan  lahan untuk pembuatan lapangan volley, serta penanaman tanaman keras jenis pohon nangka dan rambutan di lingkungan gereja.

Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si selaku Dansatgas Yonif Mekanis 516/CY menegaskan,  Kegiatan ini utuk menumbuhkan semangat gotong royong dan kedekatan dengan masyarakat.
“Kegiatan Karya Bhakti ini merupakan upaya pembinaan teritorial kami dalam rangka menjalin keakraban Satgas Yonif Mekanis 516/CY dengan warga yang ada di Kab. Keerom, Papua”, tegasnya.
Ditambahkan, selain pembinaan territorial juga  mengajak masyarakat untuk peduli dan peka terhadap perkembangan lingkungan yang ada. Toleransi antar umat beragama, serta melestarikan budaya gotong royong yang selama ini dinilai telah mulai memudar di kalangan masyarakat.
Dengan manunggalnya TNI Rakyat, melalui kegiatan karya bakti ini semoga semangat gotong royong akan tetap lestari dimanapun berada, baik di   pedesaan maupun di perkotaan, bahkan di perbatasan, terang Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si

Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si menilai, dengan membangun suasana kegotong-royongan akan menghasilkan kesepakatan yang akan dijalankan bersama-sama.
“Dengan budaya gotong royong diharapkan kita bisa belajar saling menghormati, menghargai pendapat orang lain, bersikap objektif, tidak berburuk sangka dan tidak melecehkan satu dengan yang lainnya”,imbuhnya.

Saling memberikan ilmu dan saling tolong menolong yang merupakan cerminan sikap kekeluargaan yang terbangun dengan sikap gotong-royong.
Lukman  Hakim  mengatakan, untuk membangun dan memotivasi kembali semangat gotong royong tentunya tidak hanya sebatas seremonial seperti diperingati dan dicanangkan saja, akan tetapi perlu dukungan semua elemen masyarakat. TNI akan memfasilitasi secara bertahap melalui program-program karya bakti seperti ini, agar jati diri nilai-nilai semangat gotong royong dapat terbangun kembali di tengah-tengah masyarakat.

Warga di lingkungan Gereja Santo Yakobus Workwana menyambut baik dan merasa senang bahu membahu gotong royong bekerjasama dengan Satgas Yonif Mekanis 516/CY dalam kegiatan Karya Bhakti  ini.

Menurut Lambert Welif, salah satu warga setempat rasa gembiranya dengan keberadaan Satgas Yonif mekanis 516/CY di daerahnya.
“Kami sangat senang dan bangga dengan adanya kegiatan Karya Bhakti, kami tergugah dan terketuk hati betapa pentingnya gotong royong,  Puji Tuhan”  jelasnya Lambert dengan senangnya .
Atas nama seluruh umat Katolik di lingkungan Gereja Santo Yakobus Kab. Keerom  Lambert  Welif mengucapkan banyak terima kasih atas TNI. dari Yonif Mekanis 516/CY,
“ Tuhan sungguh sangat luar biasa dan baik, melalui bapak-bapak TNI, kesulitan kami dibantu Lambert Welif. Semula kami tidak berani minta bantuan bapak-bapak TNI, karena kami tidak punya apa-apa untuk menyiapkan makanan bagi bapak-bapak”, ungkap Lambert

Melalui Pastor Krisphinus Bidi, SVD selaku Pastor Kepala Dekenat Keerom, yang juga Pastor Kepala Paroki Santo Willibrodus Arso Kota, TNI datang bersama Pater untuk membantu  masyarakat Keerom.
“Sekali lagi kami sangat berterima kasih kepada bapak-bapak TNI semua, salam hormat kami untuk bapak-bapak TNI dimanapun berada,” tambah Lambert Welif.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TNI Datang Warga Keerom Bersyukur.