TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TNI Sumbang Motor Perpustakaan Keliling

By 17 Sep 2016 18:20Berita Satuan
1

 Sebagai kontribusi mencerdaskan anak-anak di Poso, Kodim 1307/Poso melaksanakan program Perpustakaan keliling ke kampung-kampung.  Perpustakaan tersebut mengunakan kendaraan operasional roda dua milik TNI yang telah didesain menjadi perpustakaan kelililing.

    Tidak semua orang mampu dan mau untuk membeli buku, namun kurangnya kemampuan finasial dalam membeli bahan bacaan, tidak boleh didiamkan. Masyarakat yang tidak membaca buku, terancam menjadi masyarakat miskin intelektual atau menjadi manusia berpandangan sempit akibat kurang wawasan.

    Perpustakaan keliling yang digagas Kodim 1307/Poso bekerja sama dengan Dinas Pendidikan kabupaten Poso,  memfasilitasi buku-buku sebagai bahan bacaan untuk masyarakat. Untuk pelaksana operasional berasal dari personel Kodim yang berkeliling kampung membawa buku-buku tersebut untuk dapat dibaca anak-anak.

    Setiap harinya, Babinsa Kodim 1307/Poso bertugas sebagai pelaksana dilapangan, yang berkeliling membawa motor dan menggandeng rak buku mengunjungi anak-anak Poso. Perpustakaan keliling ini adalah salah satu perangkat pendidikan non formal yang dipersembahkan TNI, dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya masyarakat Poso.

    Melihat antusias masyarakat Babinsa Poso merasa senang. ” “Kami senang dan terharu melihat semangat dan antusias anak-anak ketika kami mendatangani mereka. Motivasi anak-anak dalam  membaca dan menambah ilmu pengetahuan sangat luar biasa”, ujarnya. Dikatakannya, buku-buku bacaan masih barang yang dianggap susah mereka miliki apalagi untuk membeli, jadi kami berupaya membantu.  “Kalau anak-anak senang kami juga ikut bangga”, ujar Serma Dennis Manggora, petugas perpustakaan keliling TNI dari Kodim 1307/Poso. (Adrizal)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TNI Sumbang Motor Perpustakaan Keliling