TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Training Operasional Combine Terpadu Dari Dinas Pertanian Untuk Anggota Koramil Papar

By 14 Sep 2016 08:22Kodam V/Brawijaya
WhatsApp Image 2016-09-13 at 20.05.29

Kediri (13 / 09 ).        Dinas Pertanian Provinisi Jawa Timur melalui Dinas Pertanian Kabupaten Kediri, mengadakan Training Operasional Combine Terpadu kepada anggota Koramil 16/Papar sebagai technical example ,yang berlangsung di lapangan Desa Tanon Kecamatan Papar Kabupaten Kediri, dan langsung dibawah pengawasan Danramil Papar, Kapten Inf Tafsir bersama Dinas Pertanian Kabupaten Kediri, selasa (13/09/2016)
Dari keterangan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kediri, Ir.Imam Widodo Santoso, mesin pertanian berjenis combine (pemotong padi) merupakan pengembangan dari mesin pemotong padi sebelumnya, hanya saja mesin combine ini murni karya anak bangsa, bahkan dari sisi teknologi tepat guna, sedikit lebih unggul dibandingkan produk luar negeri. Kelebihan yang paling mencolok adalah hemat bahan bakar dan penggunaannya juga ramah lingkungan, bila dibandingkan produk luar negeri seperti dari Cina atau Taiwan, selain itu pengoperasiannya lebih simple dari mesin pertanian yang sebelumnya eksis terlebih dahulu.
Menurut Kapten Inf Tafsir, kehadiran mesin berbasis teknologi tepat guna ini membawa dampak positif dan juga membawa dampak negatif, karena pada sisi yang satu para petani diuntungkan minimalisasi biaya potong padi, tetapi pada sisi yang lain, buruh tani yang biasa diberdayakan akan kehilangan pekerjaannya. Disamping itu, kesenjangan sosial juga harus diperhatikan antara petani yang satu dengan yang lainnya, untuk itu perlu adanya penjadwalan penggunaan mesin tersebut secara transparan dan adil. Selain itu, yang paling utama adalah setiap pengguna mesin combine harus memiliki kesadaran dan tanggungjawab, agar mesin tersebut tidak rusak akibat faktor kecerobohan manusia.
Sebagaimana dikutip dari Sugiyono, selaku BPP Kecamatan Papar, 6 mesin pertanian jenis combine tersebut merupakan hibah yang bersumber dari Pemerintah Pusat kepada kelompok tani yang ada di Kecamatan Papar, antara lain, Desa Purwotengah, Kepuh, Tanon ,Janti ,Pehwetan dan Pehkulon. Training gelombang pertama akan diikuti oleh 6 Babinsa Koramil Papar selama sepekan kedepan di lapangan Desa Tanon, dan gelombang kedua atau tepatnya pada sepekan berikutnya, akan dilangsungkan di lapangan Desa Purwotengah ,yang diikuti 18 petani.( Penrem 082/CPYJ )

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Training Operasional Combine Terpadu Dari Dinas Pertanian Untuk Anggota Koramil Papar