TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Wujud Kemanunggalan TNI dan Rakyat, Pasar Pelelangan Ikan (PPI ) Oeba dibersihkan

By 17 Sep 2016 19:48Berita Satuan
8

Personel TNI AD, AL dan AU di wilayah Garnisun Kupang menggelar karya bhakti dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke 71 tahun 2016. Kegiatan dipusatkan di Pasar Pelelangan Ikan Oeba, Kota Kupang, beberapa waktu yang lalu.

Kondisi lingkungan yang tidak nyaman dan kurang besih menjadi prioritas dalam pemilihan wilayah tersebut. Dimana pasar Oeba merupakan tempat pendaratan ikan atau tempat pelelangan ikan yang menjadi simbol pertemuan antara pembeli dan pedagang ikan yang harus diperhatikan kebersihan lingkungannya.

Sekitar 600an Personel TNI terjun langsung melakukan pembersihan. Bukan hanya TNI, kegiatan tersebut juga didukung oleh Polri dan masyarakat setempat.

Pembersihan diawali dengan membersihkan lokasi pendaratan kapal ikan, utamanya dengan sasaran untuk membersihkan gorong-gorong atau drainase dan juga sampah-sampah yang menumpuk di pusat pelelangan ikan tersebut.

Asop Lantamal VII Kupang Kolonel (P) Bambang Trijanto saat memimpin kegiatan karya bhakti tersebut mengatakan, lingkungan yang bersih dan sehat untuk lokasi penjualan kebutuhan bahan pokok masyarakat seperti pasar ikan ini harus selalu terjaga.

Menurutnya, dipilihnya Pasar Oeba dalam kegiatan karya bhakti karena lingkungan Pasar Ikan Oeba kondisinya sangat memprihatinkan dan perlu diperhatikan.

Lebih lanjut dikatakan bahwa kegiatan karya bhakti tersebut merupakan wujud sinergitas TNI dengan rakyat untuk peduli lingkungan sekitar.

Pantauan di lapangan menunjukkan kondisi Pasar Oeba memang banyak berserakan sampah-sampah plastik, bahkan terkesan kurang nyaman.

Disamping itu Aroma dan genangan air yang kurang diperhatikan para pedagang, kerap mempengaruhi para konsumen. (Penrem 161/Wira Sakti)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Wujud Kemanunggalan TNI dan Rakyat, Pasar Pelelangan Ikan (PPI ) Oeba dibersihkan