TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Wujudkan Program Upsus Kedaulatan Pangan Dengan Bentuk Brigade Alsintan

By 06 Sep 2016 13:46Kodam II/Sriwijaya
6 September 2016 K

Bangka Tengah (Selasa, 06/09/2016), – Berbagai usaha yang luar biasa dilakukan Kodim 0413/Bangka agar sukses dalam membuka areal persawahan sekaligus menanam padi di Desa Batu Betumpang Kecamatan Pulau Besar Bangka Selatan. Usaha yang dilakukan salah satunya adalah membentuk Brigade Alsintan (alat dan mesin pertanian) yang akan mempelopori Program Upsus kedaulatan pangan.

Brigade Alsintan Kodim 0413/Bangka yang dibentuk terdiri dari 65 orang prajurit dengan Komandan Batalyon (Danyon) Kapten Cpl Sudarmadi dan Perwira Logistiknya dipercayakan kepada Kapten Cba Sugiono. Danyon Brigade Alsintan seijin Dandim 0413/Bangka mengatakan bahwa sejak melaksanakan pergeseran pasukan dari Makodim pada 23 Agustus lalu dan melaksanakan pembajakan hingga penanaman mengalami berbagai kendala selama di lapangan. Menurutnya kendala yang dihadapi oleh Brigade Alsintan antara lain adalah rata-rata personel tidak memiliki dasar pengetahuan pertanian yang profesional, kesulitan yang kedua adalah masih banyak tunggul kayu karena lahan baru dibuka dan lahan masih banyak berlubang bekas galian PC dan kesulitan yang lain adalah sebagian besar anggota masih awam dengan mengoperasikan alat yang ada.Tak kalah menantangnya, kesulitan penggunaan traktor roda 4 tidak sesuai dengan karakteristik lahan yang merupakan bekas rawa sehingga tenggelam didalam lumpur, sehingga tidak maksimal dalam menyelesaikan pembukaan lahan tersebut.

Kesulitan-kesulitan yang dialami Brigade Alsintan dalam pembukaan lahan begitu besar namun dengan semangat yang tinggi Brigade Alsintan mampu menyelesaikannya sesuai dengan sasaran yang telah ditentukan sebelumnya. Keberhasilan pencapaian sasaran yang telah ditargetkan tersebut tak lepas dari kerjasama yang dilakukan Brigade Alsintan dengan masyarakat setempat. Kerjasama yang dilakukan selain bantuan tenaga, masyarakat juga melaksanakan doa bersama untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar diberi kemudahan dalam mengerjakan sawah tersebut.

“Saya mohon doa restu kepada seluruh masyarakat Bangka semoga usaha dari Brigade Alsintan ini sukses untuk mewujudkan Program Upsus kedaulatan pangan di Pulau Bangka ini”, jelas Sudarmadi. (Penrem 045/Gaya)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Wujudkan Program Upsus Kedaulatan Pangan Dengan Bentuk Brigade Alsintan