TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

ADRI-L Mampu Angkut Enam Tank Leopard

By 21 Oct 2016 17:15Dinas Penerangan
IMG-20161021-WA0002

Batalyon Pembekalan dan Angkutan 4/Air (Yon Bekang 4/Air) merupakan satuan yang berada dibawah Direktorat Pembekalan dan Angkutan Angkatan Darat yang berfungsi melaksanakan tugas dukungan angkutan Rawa, Laut, Sungai dan Pantai (Ralasuntai). Tugas yang dilaksanakan oleh Yon Bekang 4/Air menggunakan sarana Kapal Motor Cepat (KMC), Landing Craft Rubber (LCR) maupun kapal ADRI untuk pergeseran Alutsista, logistik, perlengkapan maupun personel dalam mendukung tugas TNI AD.

Kegiatan embarkasi Alutsista TNI AD yang akan digunakan dalam Latihan Antar Kecabangan (Latancab) secara langsung diliput oleh puluhan awak media yang difasilitasi oleh Dinas Penerangan Angkatan Darat bertempat di Markas Yon Bekang 4/Air Tanjung Priok, Jumat (21/10/2016).

Yon Bekang 4/Air ikut terlibat langsung dalam Latancab yang akan digelar TNI Angkatan Darat pada tanggal 10-17 Nopember 2016 di Natuna. Pergeseran Alutsista dari satuan jajaran TNI AD yang terlibat dalam Latancab tersebut tentunya membutuhkan sarana angkut yang memungkinkan untuk mengangkut Alutsista yang digunakan.

Seperti halnya dalam pergeseran Alutsista Tank Leopard yang akan digunakan pada Latancab di Natuna tersebut. Yon Bekang 4/Air mengerahkan kapal ADRI terbarunya dan yang terbesar dimiliki oleh TNI AD yaitu Kapal ADRI-L untuk mengangkut dan pergeseran Alutsista, perlengkapan dan personel untuk mendukung latihan tersebut.

Kapal ADRI-L adalah kapal milik TNI AD yang dibuat oleh industri kapal dalam negeri dengan bobot 1200 Dead Weight Tonnage (DWT). Kapal ini adalah satu dari dua kapal yang dimiliki Indonesia yang mampu mengangkut enam Tank Leopard dan satu Transporter sekali angkut.

Komandan Yon Bekang 4/Air Letkol CBA Atjep Miharja Soma mengatakan, Yon Bekang 4/Air telah mengirimkan 16 Tank Leopard dan akan mengangkut kembali 3 Tank Leopard menuju Natuna. Selain Tank Leopard, Yon Bekang 4/Air juga telah melakukan pergeseran Alutsista berupa meriam 155 Caesar type truck Mounted, tank Marder dan panser anoa.

“Kita sudah melakukan pergeseran Alutsista sebanyak 16 tank Leopard, besok akan ada tiga tank Leopard yang akan kita geser ke Natuna menggunakan kapal ADRI-L,” jelas Letkol Atjep.

Dengan bobot 1200 DWT kapal ini memiliki kekuatan 2 x 1500 horse power dan mampu melaju dalam kecepatan 12 knot dengan beban muatan maksimum 2.400 ton. Usai embarkasi tank Leopard, awak media disuguhkan demonstrasi Kapal Motor Cepat (KMC) Komando, LCR serta berkesempatan untuk berkeliling di kawasan dermaga Tanjung Priok menggunakan KMC Komando. (Dispenad)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Puspen TNI Kodam XVI/Patimura Kodam Iskandar Muda Kostrad Kodam II/Sriwijaya Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam XIV Hassanudin
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

ADRI-L Mampu Angkut Enam Tank Leopard