Skip to main content
Dinas Penerangan

Astros Peluncur Roket Andalan TNI AD

Dibaca: 657 Oleh 04 Okt 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

MLRS (Multi-Launcher Rocket System) adalah jenis roket unggulan terbaru yang kini dimiliki oleh TNI AD sebagai senjata Bantuan Tembakan. Roket buatan Avibras Aerospacial Brazil ini mempunyai nama ASTROS (Area Saturation Rocket System), diproduksi pertama kali pada tahun 1983 dan terus dikembangkan sampai sekarang. Seri yang dipilih dan dimiliki Indonesia adalah dari tipe II dan generasi ke-6 (Astros II Mk 6).

2-Agustus-142

Trend MLRS adalah kearah sistem peluncur modular, dimana pengisian ulang munisi dilakukan bersamaan dengan tabung peluncurnya. Dengan cara mengganti tabung peluncur yang telah kosong dengan tabung peluncur baru yang sudah diisi munisi. Apabila di komparasi dengan beberapa Negara tetangga, Indonesia yang kini memiliki roket Astros II MK.6 (Daya jangkau 9-85 km dan akan dikembangkan dengan jenis amunisi caliber baru dengan jarak jangkauan 150-300 km), jumlah launcher per truk berisi 4, 16, hingga 32 peluncur.

Kelebihan Roket Astros II yang dirancang diatas truk 6X6 (AV-LMU) menjadikan roket ini digolongkan sebagai roket gerak sendiri. Dengan kendaraan truk 6×6 dapat melaju hingga 110 km/jam dan jarak jelajah 600 km. Dapat dikatakan Astros II mobilitasnya tinggi, selain dapat bergerak sendiri, karena juga dapat diangkut dengan pesawat Hercules C-130 TNI AU.

Baca juga:  Krisis Pangan dan Energi, Tanggung Jawab seluruh Komponen bangsa

Roket Astros II memiliki multi kaliber, dari jenis SS-09 (kal. 70), SS-30 (kal. 127 mm), SS-40 (kal.180 mm), SS-60 dan 80 (kal.300 mm), SS-150 (kal. 450 mm) serta seri, ASTROS TM-300 (kal.450 mm). ASTROS II memiliki Fire Control Unit (AV-UCF) sebagai pengendali, pengontrol, terhadap masing-masing baterai saat penembakan. Juga dilengkapi dengan fire control computer, trajectography radar, digital radio dan back up lainnya.

Keunggulan lain dari Astros II adalah munisi dilengkapi dengan hulu ledak sub munisi (copper cone) yang mampu menembus baja dengan ketebalan hingga 20 cm, sehingga mampu menghancurkan kendaraan lapis baja (tank) jenis apapun. Saat ini Astros II sudah memperkuat jajaran TNI AD.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel