TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Babinsa Koramil 0811/15 Jenu Beri Penyuluhan Pentingnya ASI

By 04 Oct 2016 15:27Kodam V/Brawijaya
11

Tuban (04 Oktober 2016.)

Bertempat di Balai Desa Remen Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban telah dilaksanakan pembentukan Kelompok Pendamping Air Susu Ibu (KP-ASI) pada hari Senin (03/10/2016).  Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Remen Eko Prasetyo beserta perangkat desa.  Babinsa Desa Remen Koramil 0811/15 Jenu Serka Subiyanto yang juga mantri kesehatan memberikan penyuluhan pentingnya pemberian ASI.
Sebanyak 20 orang ibu hamil dan menyusui ikut serta kegiatan tersebut.   Pada kesempatan tersebut petugas dari Puskesmas Jenu menyampaikan tentang pentingnya pemberian ASI (Air Susu Ibu) sampai anak usia 6 bulan. Kegiatan ini juga membagikan susu  formula sebanyak 20 kotak kepada ibu hamil dan menyusui.

Tujuan dibentuknya kelompok pendukung ASI (KP-ASI) adalah terbentuknya Kelompok Pendukung ASI (KP-ASI) untuk mendukung agar ibu-ibu memberikan ASI Eksklusif  pada bayinya hingga anak berusia 2 tahun.   Sehingga dapat meningkatkan, pengetahuan, sikap dan perilaku ibu tentang pentingnya pemberian  ASI  Eksklusif pada bayi.

Sesuai tujuan tersebut, maka peserta KP-ASI diutamakan ibu hamil serta ibu-ibu yang memiliki bayi usia 0-6 bulan. Walaupun demikian, kelompok ini terbuka untuk orang lain yang memiliki minat yang sama. Pada kesempatan tersebut Babinsa Desa Remen Koramil 0811/15 Serka Subiyanto menyampaikan bahwa menyusui merupakan aspek yang sangat penting untuk kelangsungan hidup bayi.

“ ASI merupakan makan utama bagi bayi yang didalamnya terkandung berbagai unsur yang dibutuhkan oleh bayi, salah satunya sebagai daya tahan tubuh”, jelasnya.

Tujuan pemberian ASI untuk mencapai tumbuh kembang bayi yang optimal sekaligus mempertahankan kesehatan ibu setelah bersalin. Sejak lahir, bayi hanya diberi ASI saja hingga usia 6 bulan yang disebut dengan pemberian ASI Eksklusif. Selanjutnya pemberian ASI diteruskan  hingga anak berusia dua tahun dengan penambahan makanan pendamping ASI (MP-ASI).

Dalam situasi apapun, ibu harus senantiasa didukung untuk tetap dapat menyusui bayinya. Mendapatkan ASI merupakan hak anak agar dapat bertumbuh kembang secara optimal. Pemberian ASI juga dapat membentuk perkembangan intelegensi, rohani dan perkembangan emosional, karena selama disusui dalam dekapan ibu, bayi bersentuhan langsung dengan ibunya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Babinsa Koramil 0811/15 Jenu Beri Penyuluhan Pentingnya ASI