Skip to main content
Berita Satuan

Gelar Pentas Budaya, Kodim Sumbawa Dongkrak Pariwisata Daerah

Dibaca: 168 Oleh 10 Okt 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Sebagai bentuk kepedulian melestarikan budaya Samawa, Kodim 1607 Sumbawa memanfaatkan momen HUT ke-71 TNI, menggelar perlombaan budaya Baguntung Rame, Ratib dan Barapan di Kecamatan Brang Ene Kabupaten Sumbawa Barat, Sabtu (8/10) .

Komandan Rayon Militer (Danramil) Taliwang Kapten Inf Agus, SH mengatakan perlombaan budaya ini sebagai wujud kepedulian Kodim Sumbawa melestarikan budaya lokal masyarakat Sumbawa. “Lomba Baguntung digelar di Desa Mura Kecamatan Brang Ene. Masing-masing desa mengutus perwakilannya minimal satu kelompok. Kemudian dilanjutkan dengan Lomba Rateb diikuti 8 kecamatan,”katanya.

Kegiatan perlombaan budaya yang diprakarsai Kodim Sumbawa selama 2 (dua) hari dari tanggal 9-10 Oktober 2016 berlangsung meriah. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya perwakilan desa yang ambil bagian ditambah setiap desa turut membawa suporter masing-masing, makin membuat suasana semakin ramai. Bagi para pemenang berhak mendapatkan penghargaan dan uang pembinaan.

Kemudian pada hari Minggu dilaksanakan perlombaan Barapan Kebo. Setiap desa disebar 80 undangan untuk memperebutkan hadiah utama dua unit sepeda motor. “Melalui berbagai perlombaan ini kami ingin mengangkat dan melestarikan budaya Samawa dan memperkuat kearifan lokal, sekaligus memperkenalkan budaya daerah ke masyarakat luas dalam upaya mendongkrak pariwisata di daerah Pariri Lema Bariri ini,” ungkap Kapten Inf Agus.

Baca juga:  Penerangan Tingkatkan Peran

Sementara Camat Brang Ene NS Kamaludin S.Kep., MM mengaku sangat bersyukur kecamatannya dipercaya sebagai tuan rumah. Pihaknya menyambut hal itu dengan sangat gembira apalagi tema budaya yang diangkat bertujuan untuk memperkuat tali silaturrahim antara masyarakat, pemerintah, dan TNI. “ Kami salut dengan TNI, semoga kegiatan seperti ini di masa mendatang terus dilaksanakan, sehingga masyarakat pun menjadi masyarakat yang berbudaya,” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan itu Kasdim 1607 Sumbawa Mayor ARM Drs Sape’i, Camat Brang Ene Kamaluddin S.Kep MM, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat.

Babinsa Desa Mura Sertu A Kasim didaulat menjadi pembawa acara. Pentas budaya ini diawali dengan Lomba Rateb menampilkan 6 grup Seni Ratib yaitu Bintang Bano Kecamatan Brang Rea, Buin Batu Kecamatan Sekongkang, Gentar Alam dari Taliwang, Liang Galunga Kecamatan Jereweh, Lala Jinis Kecamatan Seteluk dan Buin Banyu Kecamatan Brang Ene. (Penrem 162/WB)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel