TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Jadikan Generasi Muda Yang Berjiwa Pancasila

By 01 Oct 2016 09:18Kodam IV/Diponegoro
7

Salah satu permasalahan yang dihadapi Bangsa Indonesia dewasa ini adalah memudarnya semangat nasionalisme dan patriotisme di kalangan generasi muda. Hal ini disebabkan banyaknya pengaruh budaya asing yang banyak masuk di negara kita, akibatnya banyak generasi muda yang melupakan budaya sendiri karena menganggap bahwa budaya asing merupakan budaya yang lebih modern dibanding budaya bangsa sendiri. Akibatnya, nilai-nilai luhur bangsa banyak diabaikan hampir terjadi disebagian besar generasi muda.

Demikian disampaikan Komandan Korem 072/Pmk Brigjen TNI Fajar Setyawan, S.I.P. saat melepas rombongan kendaraan bermotor Kirab Generasi Muda yang Berjiwa Pancasila, Jumat (30/9).

“ Sejak dahulu dan sekarang ini serta masa yang akan datang peranan pemuda atau generasi muda sebagai pilar, penggerak dan pengawal jalannya pembangunan nasional sangat diharapkan,” ungkap Danrem.

Selanjutnya di era globalisasi ini peran Pancasila tentulah sangat penting untuk tetap menjaga eksistensi kepribadian Bangsa Indonesia, karena dengan adanya globalisasi batasan-batasan diantara negara seakan tak terlihat, sehingga berbagai kebudayaan asing dapat masuk dengan mudah ke masyarakat.

Dampak positif dan negatifnya bagi Bangsa Indonesia, jika kita dapat memfilter dengan baik berbagai hal yang timbul dari dampak globalisasi tentunya globalisasi itu akan menjadi hal yang positif karena dapat menambah wawasan. Sedangkan hal negatif dari dampak globalisasi dapat merusak moral bangsa dan eksistensi kebudayaan Indonesia.

Danrem berharap, generasi muda memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme dengan tetap bertahan pada nilai-nilai budaya Bangsa Indonesia, meskipun banyak budaya asing masuk ke negara kita. Jadikan Pancasila sebagai landasan utama yang bisa menyaring pengaruh budaya asing sehingga generasi muda bisa menjadi generasi yang benar-benar cinta pada tanah air Indonesia apapun keadaannya. (Penrem 072/Pmk).

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan KORPRI TNI AD Kodam XII/Tanjungpura Kodam II/Sriwijaya Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Kodam IV/Diponegoro
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Jadikan Generasi Muda Yang Berjiwa Pancasila