TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Meningkatkan Kretifitas Dengan Selenggarakan Lomba Marching Band Pelajar

By 03 Oct 2016 20:08Kodam Iskandar Muda
8

Takengon. Kodim 0106/Ateng-BM, Minggu (2/10) menggelar Kompetisi Marching Band tingkat pelajar SMP dan SMA Se – Kabupaten Aceh Tengah. Kompetisi dipusatkan di lapangan Sanggamarra Kodim 0106. Kompetisi yang digelar selama satu hari tersebut dipadati oleh ratusan warga dan anggota TNI karena memang berlokasi dilintasan utama jalan Sengeda.

Kodim 0106 sebagai panitia mengundang langsung dewan juri dari Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Syaifuddin, Dimas Dwi Anga dan Desi Eliana dari Banda Aceh dalam ajang kompetisi tersebut. Tujuan diselenggarakan lomba ini untuk meningkatkan kreatifitas para siswa dibidang marching band. Peserta marching band antara lain SMA N XV Takengon, SMA N IV Takengon, MAN I Takengon, SMP N I Takengon, MTS N I Takengon, SMP N II Takengon.

Tim juri mengatakan, dari enam tim yang ikut serta, masing-masing tiga tim setingkat SMP dan tiga tim setingkat SMA. Ditambahkannya, penilaian dilakukan bagi tim yang mampu menggelar penampilan terbaik, kemudian akan dilakukan pemilihan mayoret terbaik. “Tiap tim diberi waktu maksimal 17 menit untuk satu penampilan dan akan dinilai penampilan yang terbaik serta mayoret terbaik juga”, ujar Syarifudin.

Melalui seleksi yang sangat ketat dan kriteria penjurian yang berdasarkan divisi dan dinilai penampilan secara keseluruhan, maka dewan juri menentukan juara umum tingkat SMA diraih SMA N 15 Takengon degan hasil skor 869 poin. Sedangkan juara umum tingkat SMP diraih oleh SMP N II Takengon dengan 866 poin.

Dandim 0106/Ateng-BM Letkol Inf Didt Hari Prasetyo Putro S.I.P mengatakan, kegiatan digelar dalam rangka HUT Ke-71 TNI Tahun 2016. Selain itu untuk memupuk semangat generasi muda dalam meningkatkan kretifitas ketrampilan serta ketangkasan bermusik marching band dalam ajang kejuaaran.

Dandim mengharapkan kepada peserta, untuk kedepan Aceh Tengah memiliki tim marching band yang dapat tampil di event lomba tingkat nasional. Bagi pemenang lomba marching band piala akan serahkan pada tanggal 5 Oktober di lapangan Sanggamara Kodim 0106″, ujar Dandim.

Sekolah dan masyarakat sangat mengapresiasi Kodim 0106 yang telah menggelar kompetisi marching band ini. (Pendam IM)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Meningkatkan Kretifitas Dengan Selenggarakan Lomba Marching Band Pelajar