Skip to main content
Kodam XVII/CenderawasihKodam V/Brawijaya

Motivasi Belajar, TNI Di Perbatasan Gelar Cerdas Cermat

Dibaca: 233 Oleh 04 Okt 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada 5 Oktober 2016. Satgas Yonif Mekanis 516/CY Pos 3/A Ampas dibawah pimpinan Lettu Inf Muslih menyelenggarakan kegiatan khusus di bidang pendidikan yakni lomba cerdas cermat, pidato tingkat SD di wilayah perbatasan darat RI – PNG. Tepatnya di SDN Inpres Ampas Kampung Ampas Distrik Waris Kabupaten Keerom, Papua. Senin (3/10/2016)

Kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan di wilayah tersebut, mendapat tanggapan yang positif dari pelajar SD, para Guru dan warga. Terbukti mereka yang sangat antusias menyaksikan jalannya perlombaan tersebut.

Ibu Leni mewakili Kepala Sekolah dan Para Guru di SD Inpres Ampas, Senin (3/10/2016) mengatakan, kegiatan tersebut merupakan ajang yang bermanfaat bagi semua komponen yang terkait dalam dunia pendidikan seperti guru dan pelajar.

“Kegiatan ini sangatlah bermanfaat bagi kami sebagai guru, karena dengan ini siswa mendapatkan kesempatan untuk bersaing. Tidak ada motivasi lain apalagi untuk membuat persaingan antara guru yang ada di wilayah ini. Semoga di tahun berikutnya, semua sekolah yang ada di wilayah ini dan sekitarnya dapat turut berpartisipasi,” kata Ibu Leni.

Baca juga:  45 Ekor Kuda Pacu Tampil Dalam Ajang Danrem Cup 2017

Selain itu Ibu Leni menilai, kegiatan tersebut adalah terobosan baru untuk meningkatkan mutu pendidikan di perbatasan, dan juga ada nilai positif karena siswa bisa bersaing secara positif.

Lanjutnya, kegiatan ini menunjukkan bahwa pelajar tidak belajar hanya untuk mendapatkan nilai, tetapi mampu mengaplikaskan ilmu yang didapatnya, para pelajar termotivasi untuk belajar lebih giat lagi sehingga dia mengharapkan agar kegiatan tersebut lebih sering diadakan.

Terkait dengan itu, Danpos Pos 3/A Ampas, Lettu Inf Muslih mengatakan kegiatan lomba cerdas cermat dan mewarnai yang kami laksanakan selain menyemarakkan HUT ke-71 Tentara Nasional Indonesia (TNI) juga merupakan upaya kami untuk membangkitkan semangat belajar dikalangan siswa SD yang ada di Kampung Ampas.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, para siswa yang ada di SD Inpres Ampas menjadi lebih tekun dan giat lagi untuk belajar, karena dengan dilaksanakannya lomba cerdas cermat ini kita dapat mengukur tingkat keseriusan dan ketekunan siswa dalam mengikuti setiap materi yang diajarkan oleh para guru, tidak lupa kami juga memberikan hadiah kepada juara lomba sebagai penghargaan atas ketekunan dalam belajar dan prestasi yang telah diraih,” ujar Lettu Inf Muslih.

Baca juga:  Napak Tilas Gerilya Jenderal Soedirman, Bangkitkan Patriotisme Pemuda

Sementara di sela kegiatan, terkait dengan itu, Dansatgas Yonif Mekanis 516/CY Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si., mengatakan kegiatan tersebut diselenggarakan untuk menyambut HUT ke-71 TNI, juga untuk menanamkan rasa cinta tanah air kepada pelajar-pelajar di daerah perbatasan guna memperkuat wawasan kebangsaan dan nasionalisme. Selain itu juga memotivasi generasi muda agar giat belajar untuk mendapatkan wawasan pengetahuan guna menghadapi masa depan yang lebih baik dan dapat bersaing secara baik dengan daerah lain di Indonesia.

“Untuk lebih memotivasi pelajar, para pemenang lomba mendapatkan hadiah berupa alat tulis dan perlengkapan sekolah lainnya, uang penghargaan dan sertifikat atau piagam penghargaan,” kata Dansatgas Letkol Inf Lukman Hakim. (Pendam 17)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel