TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam V/Brw Tutup TMMD Di Wilayah Kodim 0801/Pacitan

By 19 Oct 2016 20:15Kodam V/Brawijaya
8s3-brw

Pacitan, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-97 di Wilayah Kodim 0801/Pacitan ditutup Panglima Kodam V/Brawijaya Mayjen TNI I Made Sukadana di alun-alun Pacitan, Rabu (19/10).

Kegiatan TMMD dimulai tanggal 20 September tersebut melibatkan sebanyak 150 personel gabungan yang terdiri dari Kodim 0801/Pacitan, Yonif Para Raider 501/BY, Yonzipur 5 Malang, Yonpaskhas Lanud Iswahjudi, Poskensyah Pacitan, Bintal dan Penrem 081/DSJ serta personel dari SKPD dan masyarakat Kecamatan Tegalombo.

Dalam amanat Kepala Staf (Kasad) yang dibacakan Pangdam V/Brw Mayjen TNI. I Made Sukadana Sebagai Inspektur Upacara (Irup) mengatakan, lebih kurang satu bulan lamanya sejak 20 September 2016 para prajurit, pemerintah daerah dan segenap komponen masyarakat telah bekerjasama menyelesaikan program TMMD ke-97.

Kebersamaan yang sudah lama kita bangun dan selalu kita jaga ini merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi bangsa pada masa sekarang ini, salah satu diantaranya ialah dengan membantu Pemda dalam menyiapkan dan memperbaiki infrastruktur serta mengakselerasi program Pemda yang sangat dibutuhkan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan bersama.

Kepala Staf Angkatan Darat dan selaku penanggung jawab operasional TMMD mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materiil, karena berkat kerja keras dan kesungguhan dari semua unsur, kegiatan TMMD ke-97 ini dapat terselenggara dengan aman dan lancar sesuai dengan rencana.

Lebih lanjut Kasad manyampaikan bahwa program TNI Manunggal Membangun Desa ini telah dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa (AMD). Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, program TMMD yang telah berlangsung selama lebih kurang 35 tahun ini, semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Program TMMD masih sangat dibutuhkan, mengingat sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana dan infrastruktur wilayah masih sangat relevan dan sesuai dengan koridor Undang-Undang.

TMMD ke-97 tahun 2016 ini, telah menyelesaikan sebanyak 165 sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang tersebar di berbagai wilayah Kodam di seluruh Indonesia, diantaranya ialah pembangunan sarana transportasi berupa pembangunan jalan baru, rabat jalan, peningkatan jalan, betonisasi jalan, semenisasi serta penimbunan, pelebaran dan pengerasan jalan.

Selain itu, TMMD tahun ini juga melaksanakan pembangunan infrastruktur lainnya yaitu pembuatan dan rehab jembatan, pembuatan tanggul dan gorong-gorong, pembangunan halte, pembuatan pos kamling, pembuatan sarana olah raga, serta renovasi dan pembangunan rumah ibadah serta sekolah. Termasuk juga pembangunan sarana sanitasi dan pusat-pusat kegiatan masyarakat.

Disamping sasaran fisik, kita juga telah menyelesaikan sasaran non-fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat tentang Bela Negara dan Ketahanan Nasional. Pembangunan non-fisik ini sangat dibutuhkan dalam rangka memelihara dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat dalam menangkal berbagai ancaman disintegrasi Bangsa yang dilancarkan melalui _Proxy War_, berupa maraknya peredaran dan penyalahgunaan Narkoba, masih eksisnya bahaya terorisme, meningkatnya aksi kriminalitas secara kualitas dan kuantitas, serta isu bangkitnya kembali komunisme.
Oleh karenanya TMMD ini adalah salah satu upaya TNI AD dalam memperkuat dan memberdayakan ketahanan masyarakat sebagai potensi kekuatan wilayah.

Usai Upacara, Pangdam dan rombongan serta Bupati Pacitan Drs. Indartato, MM, meninjau kegitan Baksos antara lain Penijauan pelayanan KB, Pengobatan Massal dan Pemberian sembako secara simbolis kepada warga masyarakat Kabupaten Pacitan sebayak 1000 paket sembako.

Dalam acara tersebut Pangdam didampingi oleh pejabat teras di jajaran Kodam V/Brw. (Penrem081).

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan KORPRI TNI AD Kodam XII/Tanjungpura Kodam II/Sriwijaya Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Kodam IV/Diponegoro
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam V/Brw Tutup TMMD Di Wilayah Kodim 0801/Pacitan