TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Prajurit Raider Latihan Rawa, Laut, Sungai dan Pantai

By 20 Oct 2016 15:22Kodam Iskandar Muda
bra-8-ralasuntai

Bireun Bayeun, – Sebanyak 146 prajurit dari Batalyon Infanteri Raider Khusus 111/ Karma Bhakti melaksanakan latihan Rawa, Laut, Sungai dan Pantai (Ralasuntai) di daerah Bireun, Bayeun Aceh Timur, Kamis (20/10).  Latihan tersebut dilaksanakan selama empat hari, mulai tanggal 20 – 24 Oktober 2016.

Kegiatan latihan Ralasuntai ini merupakan latihan untuk menguji prajurit Yonif Raider Sus 111/ Karma Bhakti guna mengukur kemampuan dan kesiapan tempur satuan. Dengan tujuan untuk  meningkatkan dan melatih kemahiran personel satuan tempur terutama menguasai medan Rawa, Laut, Sungai maupun Pantai sehingga personel Yonif Raider Sus 111/Karma Bhakti mampu dan siap untuk melaksanakan tugas sesuai fungsi di semua kondisi geografi yang ada di Indonesia.

Pada materi Ralasuntai ini, Perwira seksi Oprasi latihan Lettu Inf Angga Rahardjo menjelaskan tentang bongkar pasang perahu LCR, teknik kemudi perahu LCR, teknik mendayung, teknik membalik perahu dan memegang dayung, teknik mengintai dari balik perahu, renang taktis menggunakan pelampung ponco, renang taktis menggunakan PDL dan ransel, renang taktis menggunakan pelampung dari celana PDL, renang formasi, Pancangan Kaki Pantai tingkat Peleton, tahapan Pancangan Kaki Pantai dan tahapan Pendaratan Regu Siang Hari.

“Negara Indonesia khususnya di Aceh, medannya sangat bervariasi yang terdiri dari pegunungan, rawa dan perairan sungai pantai laut. Oleh sebab itu prajurit melaksanakan latihan ini guna menghadapi situasi saat operasi medan sebenarnya,” ucap Lettu Inf Angga.

Dengan demikian, latihan ralasuntai ini menurut Lettu Angga adalah untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan satuan khususnya untuk prajurit Raider dalam melaksanakan operasi di perairan. Sehingga para prajurit bisa melaksanakan operasi dengan baik aman serta membuahkan keberhasilan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Prajurit Raider Latihan Rawa, Laut, Sungai dan Pantai