TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Satgas Pamtas TNI Peduli Kesehatan Siswa di Papua

By 24 Oct 2016 13:00Kodam XVII/Cenderawasih
bra-3-S2-Pompa

Satgas Pamtas Yonif 407/Padmakusuma memberikan bantuan berupa enam buah galon air minum beserta gelas dan tiga perangkat pompa air minum kepada Sekolah Dasar Kampung Erambu, Distrik Sota, Merauke, Sabtu (22/10).

Pemberian bantuan tersebut merupakan bentuk perhatian dari Satgas Yonif 407/Padmakusuma akan pentingnya minum air putih yang sehat untuk anak-anak sekolah dasar di SD Kampung Erambu.

“Informasi dari dokter Satgas Yonif 407/Padmakusuma bahwa penderita penyakit batu ginjal di wilayah ini cukup tinggi dikarenakan cukup besarnya kandungan kapur pada air yang diminum. Untuk itu kita berupaya dengan memberi bantuan tiga buah pompa air minum berikut enam buah galon air beserta gelasnya,” kata Perwira Hukum Satgas Kapten Chk Sandro Sagala.

Kampung Erambu di Distrik Sota Merauke saat ini pada umumnya dalam cuaca yang panas, ditambah lagi aktifitas belajar anak-anak SD Erambu saat belajar di kelas maupun aktivitas bermain saat jam istirahat tentu cukup membuat anak-anak lelah dan dahaga sehingga tubuh mereka sangat membutuhkan lebih banyak asupan cairan dan konsumsi air putih.

“Mereka main-main waktu istirahat, capek main-main, mereka minum air dari sumur, ” ujar Yohanes Mayor, guru SD Erambu. Begitu juga dengan anak-anak, ketika ditanya mengenai air minum, beberapa diantaranya menjawab minum air mentah dari sumur.

Seperti kita ketahui bahwa anak-anak lebih mudah kehilangan cairan karena memiliki respons perubahan suhu dan termoregulasi yang berbeda dengan orang dewasa. Kecepatan berkeringat lebih rendah dan penyesuaian panas lebih lambat. Saat sedang banyak beraktifitas suhu tubuhnya akan lebih mudah naik sementara lambat dalam produksi keringat sehingga tidak bisa menikmati efek pendingin dari proses evaporasi berkeringat.

Kekurangan asupan cairan/minum bisa menurunkan kemampuan aktifitas anak, ketahanan fisik akan menurun, mudah lelah dan kurang termotivasi. Selain itu kekurangan cairan juga bisa mempengaruhi fungsi kognitif otak untuk berpikir atau mempengaruhi kecerdasan anak, jika tubuh kurang asupan cairan dapat pula mempengaruhi rasa tanggap atau kelincahan anak.

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 407/Padmakusuma dengan harapan yang besar untuk masa depan anak-anak SD Erambu mengajak mereka selalu menjaga kesehatan dengan selalu minum air putih yang sehat sesuai kebutuhan tubuhnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Satgas Pamtas TNI Peduli Kesehatan Siswa di Papua