TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Sumpah Pemuda Tonggak Indonesia Menatap Dunia

By 30 Oct 2016 13:22Berita Satuan
1-5

Prajurit TNI Satgas Yonif Mekanis 516/CY bersama warga menggelar upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ke-88 di Pos Lintas Batas RI – PNG yang berada di Distrik Waris Kab. Keerom, Papua,Jumat (28/10/2016).

Upacara tersebut dipimpin Dansatgas Yonif Mekanis 516/CY Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si. Upacara diikuti oleh personel Satgas Yonif Mekanis 516/CY, Satgas Yonif Raider 700/WYC, Aparat Polri, Aparat Pemerintah, Tokoh Adat dan Tokoh Agama, Siswa-Siswi dari tingkat SD hingga SMA/SMK dan Paud serta warga masyarakat Distrik Waris Kabupaten Keerom Papua.

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-88 mengangkat tema “Pemuda Indonesia Menatap Dunia”. Semoga dapat  menjadi inspirasi  bagi seluruh generasi muda, khususnya kaum muda Papua untuk belajar dan bekerja yang tekun, menghindari penyalahgunaan Narkoba dan Miras, serta pergaulan bebas.

“Diharapkan pemuda Papua bisa menjadi pemuda-pemudi unggul, yang memiliki kualitas dan visi yang besar dalam menatap dunia dan menjadikan daerah Papua menjadi maju dan lebih sejahtera,” katanya.

Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si., menyampaikan peristiwa Sumpah Pemuda merupakan tonggak atau cikal bakal perjuangan bangsa sehingga seluruh rakyat Indonesia bisa bahu-membahu untuk bersama-sama berjuang mewujudkan kemerdekaan yang kemudian diraih pada 17 Agustus 1945.

Dengan demikian peran pemuda sangatlah penting dalam sejarah bangsa ini. Di zaman yang sudah merdeka sekarang ini. “Kita sebagai pemuda tinggal meneruskan perjuangan pahlawan-pahlawan pendahulu kita dengan cara mengisi kemerdekaan sesuai dengan peran masing-masing,”ungkapnya.

Dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah perjuangan seluruh elemen pemuda nusantara yang telah menebar semangat menjaga jiwa patriotisme dan berhasil menyatukan visi kebangsaan.

“Yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

“Sebagaimana yang kita kenal hingga saat ini sebagai Sumpah Pemuda 1928, dengan mempersatukan pemuda Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan republik Indonesia,” katanya.

Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si., juga mengajak seluruh pemuda Papua untuk bersama-sama berusaha dengan sebaik-baiknya belajar, bekerja sesuai dengan bidang dan profesi masing-masing untuk mengisi kemerdekaan dalam rangka mewujudkan negara Indonesia yang aman, makmur dan sejahtera.

“Semua itu kita lakukan demi Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai,” katanya

Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-88 Tahun 2016 ini, Satgas Mekanis 516/CY juga menggelar bhakti sosial dan kegiatan untuk motivasi generasi muda, diantaranya pengobatan gratis, lomba baca puisi, pembagian doorprize dan penanaman pohon sebanyak 1928 pohon tanaman keras dari berbagai jenis.

Dampak dari kegiatan ini juga dapat dirasakan langsung oleh warga setempat, khususnya kaum ibu, mereka berjualan berbagai jenis hasil bumi dan makanan yang diolah dari hasil bumi yang ditanam.

Moses Meho salah satu siswa kelas XII SMAN 3 Waris sebagai perserta upacara juga bercita-cita menjadi TNI mengatakan “Kami merasa sangat senang juga menginspirasi dan memotivasi kami sebagai anak muda untuk lebih giat lagi belajar dan akan berlatih untuk mencapai impian.  “Saya akan mengajak teman-teman untuk tidak terlibat pergaulan bebas dan tidak menggunakan Narkoba,” ujar Moses.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Puspen TNI Kodam XVI/Patimura Kodam Iskandar Muda Kostrad Kodam II/Sriwijaya Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam XIV Hassanudin
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Sumpah Pemuda Tonggak Indonesia Menatap Dunia