TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TNI Buka Lahan Pertanian Bagi Masyarakat

By 29 Oct 2016 14:52Kodam XVII/Cenderawasih
5-pus

Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Kasdam XVII/Cenderawasih Letkol Arh Asep Suganjar meninjau lokasi cetak sawah di wilayah Kodim 1704/Sorong, di Kelurahan Klamalu Distrik Mariat dan Kelurahan Makbalim Distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong, Jumat (28/10).

Saat dialog dengan kelompok petani, Letkol Arh Asep Suganjar menyampaikan lahan persawahan ini nantinya adalah milik masyarakat. TNI hanya sebatas membuat lahan persawahan. “Bila ada isu yang mengatakan bahwa lahan persawahan ini milik TNI, itu tidak benar,”katanya.

Waaster mengatakan, adanya pendampingan dari Babinsa sangat membantu para petani, walaupun masih adanya kendala yang terjadi yaitu terkait kelangkaan pupuk dan mahalnya obat obatan sehingga kondisi tanaman padi petani saat ini kurang baik.

Sementara itu, salah seorang dari anggota kelompok tani mengatakan, selain pupuk agar kedepannya obat semprot dapat juga disediakan untuk para petani. “Sampai saat ini kami masih kekurangan pipa paralon untuk mengalirkan air dari persawahan dan pasokan pupuk,” ujarnya.

Saat ini padi yang ditanam oleh petani yang sudah dipanen setelah seratus hari dapat mencapai tiga sampai dengan empat ton setiap hektar nya.

“Pengecekan yang dilakukan Waaster memastikan apakah program dari komando sudah dilaksanakan dengan sebaik mungkin. Tentunya dengan meninjau langsung lahan pertanian yang berada di wilayah Kodim 1704/Sorong yakin bahwa semua program dari Komando Atas sudah dilaksanakan,”ungkapnya.

Waaster menyampaikan terimakasih dan bangga kepada seluruh prajurit karena telah bekerja keras dan melaksanakan tugas dengan baik. “Semoga apa yang kita laksanakan selama ini bisa meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat dan senantiasa mendapat pahala dari Allah SWT,” pesan Letkol Arh Asep Suganjar “.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kolonel Inf Ali Aminudin Kasiter Korem 171/PVT, Mayor Inf Djafar Danramil Sorong Timur, Kapten Inf Muhklison Efendi. SH Pasiter Kodim 1704/Sorong, Kapten Inf Anwar Koly Wadanramil Sorong Barat, Lettu Inf Deny Manuhutu Danramil Salawati, AKP B. Okoka Kapolsek Aimas serta Kelompok Tani Maju Klamalu dan Kelompok tani Maju Lestari Kelurahan Makabalim Kabupaten Sorong. (Penrem Sorong).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TNI Buka Lahan Pertanian Bagi Masyarakat