TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TNI Ikut Lestarikan Tradisi Dan Budaya Lokal

By 04 Oct 2016 09:21Berita Satuan
5

Cangkringan (3 Oktober 2016)
Serda Jaswanto Babinsa Argomulyo anggota Koramil 01/Cangkringan ikut berpartisipasi dan melestarikan tradisi budaya Jawa yang ada di dusun Jetis Karanglo Argomulyo Cangkringan. Dirinya mendapat kehormatan diundang dalam acara seni tradisi dan budaya di desa binaanya, Senin (03/10/2016)

Suatu kehormatan bagi Serda Jaswanto untuk bisa menghindari acara yang bertajuk untuk melestarikan seni tradisi dan budaya yang bersifat ketradisionalan seperti ini. Menurut Jaswanto, kebudayaan lokal memiliki nilai-nilai sejarah dan kearifan lokal yang harus dipertahankan.

Menurutnya  budaya dan tradisi adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat. Masyarakat Indonesia  selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan sebagai simbol kehidupan dan kekuatan sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap warisan budaya leluhur. Tradisi tersebut harus dijaga dengan baik, untuk menunjukan  kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki banyak adat budaya dan seni tradisional. Hal ini yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lain  dari keragaman budaya yang dimiliki.

“Bila bukan kita sendiri sebagai warga negara Indonesia, siapa lagi yang akan memelihara dan melestarikan budaya lokal serta budaya nasional, jangan sampai negara lain mengakui budaya Indonesia sebagai budayanya”, tegasnya

Dikatakanya,  sebagai penerus dan pewaris adat dan budaya tersebut, kita wajib untuk menjaganya. Dari keragamanan budaya daerah inilah terbentuk satu budaya nasional. Untuk menjaga budaya nasional tetap terpelihara dengan baik, tradisi yang sering dilakukan hendaknya tetap dipertahankan.  Bangsa Indonesia kaya akan budaya, banyak negara lain mengagumi keragaman budaya yang dimiliki Indonesia.

Sebagai seorang anggota TNI, Jaswanto sangat senang dan bangga diberi kesempatan untuk ikut aktif menjaga dan melestarikan budaya lokal dengan mengikuti pergelaran seni dan budaya didaerahnya. Inilah salah satu bentuk TNI peduli serta menghormati budaya dan kearifan lokal
“Sewaktu saya masih di satuan tempur,  sehari-hari saya berlatih dan berlatih untuk mengasah kemampuan dibidang kemiliteran. Saat ini ketika saya terjun di masyarakat, saya semakin memahami pentingnya bersosialisasi dengan kegiatan seperti ini,  namun tidak melunturkan jiwa saya sebagai seorang prajurit TNI AD”, jelasnya dengan bangga.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam Iskandar Muda Kodam XVI/Patimura PORAD Kodam V/Brawijaya Kodam Jaya Puspen TNI Kodam IX/Udayana Kodam XII/Tanjungpura Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TNI Ikut Lestarikan Tradisi Dan Budaya Lokal