TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TNI Ikut Sosialisasikan KB Kesehatan Bagi Masyarakat

By 01 Oct 2016 22:05Berita Satuan
4

Kegiatan Bhakti Sosial KB-Kesehatan dilaksanakan di wilayah Bantul tepatnya di Balai Desa Donotirto, Jumat (30/9).  Kegiatan kali ini dipimpin Kasiter Korem 072/Pamungkas Kolonel Arm Endro Respati yang sekaligus melakukan monitoring pelaksanaannya.

Kedatangan Kasiter disambut Dandim 0729/Bantul Letkol Inf Agus Widianto, Kapolres AKBP Dadiyo dan para pejabat lain serta masyarakat setempat. Dandim Bantul mengatakan orientasi KB Kesehatan  ditujukan bagi Babinsa, Persit , Babinkamtibmas dan penyuluh KB se-Kabupaten Bantul.

Dandim juga menjelaskanbahwa tujuan Baksos adalah untuk meningkatkan kualitas Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) melalui kegiatan pertemuan rutin dan refreshing kader. Kegiatan yang dilakukan diantaranya yang pertama mengirimkan motivator KB pria dari kalangan TNI, Polri dan masyarakat umum pada pelatihan dan sosialisasi KB pria di tingkat DIY. Yang kedua adalah melakukan  studi banding IMOP tingkat kecamatan se-Kabupaten Bantul tentang pengelolaan dan pelaksanaan KB dan Kesehatan Reproduksi di Kepulauan Seribu, Jakarta. Yang ketiga  adalah melaksanakan secara rutin pelayanan dan KB Kesehatan gratis. Yang keempat adalah mengirimkan calon peserta KB Mantap (MOP dan MOW) ke RSUP DR Sardjito, RST DR Sutarto, RSPAU Harjo Lukito, RSUD Panembahan Senopati, RS Nur Hidayah, RS Griya Mahardika dan RS RS Bethesda Lempuyangwangi. Yang kelima melakukan pendampingan kegiatan KB pasca persalinan dan pasca keguguran. Yang keenam mendorong para bidan praktek untuk melaksanakan KB. Yang ketujuh menyelenggarakan jambore IMP tingkat Bantul. Yang kedelapan adalah melakukan deteksi dini kanker alat repsoduksi, metode Pap Smear dan IVA dan imunisasi serta pemeriksaan kehamilan. Dan yang kesembilan adalah melakukan kegiatan donor darah dan senam sehat keluarga, operasi katarak dan Rehap Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

“Menurut data pencapaian KB baru selama kegiatan Bhakti Sosial TNI-KB Kesehatan  sampai tanggal 30 Agustus 2016 mencapai 9.269 akseptor  (peserta KB) baru dan total peserta KB aktif sampai dengan saat ini tercapai 120.695 akseptor, jelas Dandim. Kegiatan Bhakti Sosial KB-Kesehatan di wilayah Kabupaten Bantul kali ini akan berlangsung sampai dengan tanggal 31 Oktober 2016. Dandim berharap kegiatan tersebut bisa memberikan manfaat bagi masyarakat terutama dalam mengendalikan laju  pertumbuhan penduduk. (Penrem 072/PMK)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TNI Ikut Sosialisasikan KB Kesehatan Bagi Masyarakat