TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TNI Latih Pramuka Melalui Pembinaan Karakter Dan Jatidiri

By 17 Oct 2016 13:12Kodam V/Brawijaya
2s2dam5

Dalam rangka meningkatkan rasa cinta tanah air dan Wawasan Kebangsaan (Wabang), Babinsa Desa Bungkeng Sertu Purwanto dari Koramil 17/Tanjung Bumi bersama kakak pembina Pramuka SMP Albukori Terbuka Kecamatan Tanjung Bumi, memberikan Kepelatihan Sistem Beregu bagi siswa-siswi Pramuka. Minggu (16/10/2016).

Menurut Danramil 17/Tanjung Bumi Kapten Inf Setyo Bhakti, tujuan dari latihan ini adalah sebagai wadah pembinaan karakter dan jatidiri melalui metode belajar dan bermain. Selain itu untuk menciptakan rasa cinta tanah air dan bela negara melalui pengetahuan dan pengamalan Pancasila dan UUD 1945.

Latihan Pramuka yang rutin dilakukan dua kali dalam seminggu, yaitu hari Rabu dan Minggu merupakan pelajaran ekstrakurikuler sekolah. Materi yang diajarkan juga meliputi Krida dalam Saka Wira Kartika, yaitu Krida Navrat, Krida Pioneer, Krida Mountenering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana Alam.

Para Siswa sangat antusias mengikuti latihan ini, terlihat banyaknya siswa yang berdatangan mengikuti latihan, ini membuktikan bahwa latihan ini disukai oleh para siswa.

Kapten Inf Mediono berharap dengan latihan Pramuka ini dapat menciptakan kecintaan terhadap tanah air, sehingga kedepan para remaja mempunyai jatidiri dan karakter yang kuat.

Dalam kesempatan tersebut, Sertu Purwanto menerangkan bahwa, sistem beregu merupakan salah satu unsur prinsip dasar dan metodologi pendidikan Kepramukaan dalam rangka mencapai tujuan gerakan Pramuka yang mandiri.

“Bagi para kakak-kakak pembina, saya sampaikan bilamana sistem beregu bisa berjalan dengan baik, maka tugas pembina Pramuka akan lebih ringan dan kalian dapat bergerak secara praktis dan efektif,” terang Sertu Purwanto.

Sertu Purwanto menambahkan, adapun maksud dari pesan yang ia disampaikan adalah latihan ini menghasilkan sebuah pendidikan bagi peserta dan pembina. Selain itu, latihan ini juga mempermudah proses pendidikan bagi siswa-siswi Pramuka. Memberikan pelajaran bagi siswa-siswi Pramuka untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan melalui hidup bermasyarakat dalam hal bekerjasama, bertenggangrasa dan menjalin kekompakan. Adapun pesan yang disampaikan oleh kakak pembina kepada para peserta yaitu, kekompakan tim dalam beregu merupakan tempat pendidikan yang terbaik dalam mengenal watak satu dengan yang lainnya, agar peserta Pramuka saling mengenal dan memahami pribadi masing-masing. (Pendam 5)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam XII/Tanjungpura Kodam II/Sriwijaya Kodam Iskandar Muda Kodam XIV Hassanudin Puspen TNI Kodam XVI/Patimura PORAD Kodam V/Brawijaya Kodam Jaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TNI Latih Pramuka Melalui Pembinaan Karakter Dan Jatidiri