TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

10 Bulan Jaga Perbatasan, Prajurit Yonif 144/JY Kembali Dengan Hasil Membanggakan

By 17 Nov 2016 16:04Berita Satuan
10

Kapolda Bengkulu Brigadir Jenderal Polisi Drs. Yovianes Mahar selaku Inspektur Upacara penyambutan Prajurit Yonif 144/JY yang telah bertugas menjaga keamanan di Perbatasan RI – Malaysia, Rabu (16/11).

Dalam amanat Pangdam II/Swj Mayor Jenderal TNI Sudirman, S.H.,M.M. yang dibacakan Kapolda Bengkulu Brigader Jenderal Polisi Drs. Yovianes Mahar bahwa Pangdam II/Swj mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada seluruh anggota Satgas Pamtas RI – Malaysia Yonif 144/JY atas pelaksanaan tugas, dedikasi dan pengabdiannya selama ini. Tugas yang telah kalian emban tersebut, tentu sangat membanggakan kita semua bukan hanya satuan Kodam II/Swj, tetapi juga TNI dan TNI Angkatan Darat serta Bangsa dan Negara.

Selanjutnya, tugas mengamankan wilayah perbatasan merupakan salah satu tugas TNI AD dalam operasi militer selain perang, dimana wilayah perbatasan merupakan daerah terdepan NKRI yang memiliki nilai strategis bagi kedaulatan dan pertahanan negara. Terlebih di perbatasan Kalimantan Barat masih ditemukan adanya permasalahan yang menonjol, antara lain aktivitas berbagai kegiatan illegal seperti pergeseran patok batas, perambahan hutan, tambang illegal, pelintas batas, human trafficking dan tindakan kriminal.

Pangdam mengingatkan kepada prajuritnya untuk menjadi prajurit pelopor yang selalu mentaati setiap aturan dan norma yang berlaku, sehingga menjadi suri tauladan yang baik bagi keluarga dan masyarakat.

Diakhir amanatnya, Pangdam II/Swj mengucapkan selamat datang kembali ke home base dan kembali berkumpul bersama keluarga tercinta. “ Saya bangga dengan kalian semua. Sampaikan salam hormat saya kepada keluarga kalian masing-masing,” ucap Pangdam.

Sementara Kasi Intel Letkol Inf Imam usai upacara menyampaikan bahwa Yonif 144/Jy sebagai Satgas Pamtas Wilayah Darat Kalbar – Malaysia melaksanakan pengamanan perbatasan Wilayah Darat Kalimantan Barat dengan melakukan Patroli bersama dengan Tentara Diraja Malaysia (TDM). Dalam patroli bersama tersebut, mereka melaksanakan pengecekan patok batas sepanjang wilayah perbatasan NKRI – Malaysia.

Selama menjalankan tugas operasi tersebut, Satgas Yonif 144/Jy yang berkekuatan 350 Prajurit dibawah Komandan Satgas Letkol Inf Gambuh Srikaryanto berhasil mengamankan sabu-sabu seberat 2. 4720 gram, penangkapan gula illegal, penangkapan muhandak serta mendapatkan senjata rakitan laras panjang 44 rakitan dan pistol 1 pucuk. (Penrem 041/Gamas).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

10 Bulan Jaga Perbatasan, Prajurit Yonif 144/JY Kembali Dengan Hasil Membanggakan