Skip to main content
Berita Satuan

Batalyon Kalaveri 8 Kostrad Laksanakan Penataran Pengemudi Kendaraan Tempur

Dibaca: 69 Oleh 25 Nov 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Dalam rangka menghadapi Latihan Gabungan TNI yang rencananya dilaksanakan pada triwulan pertama tahun 2017, Batalyon Kavaleri (Yonkav) 8 Kostrad mulai mempersiapkan diri. Salah satu yang disiapkan adalah para pengemudi kendaraan tempur (Ranpur) Tank Leopard, yaitu Transporter Iveco dan Leyland.

Persiapan para pengemudi dalam bentuk Penataran Pengemudi (Tarmudi) Tranporter dilaksanakan di Markas Yonkav 8 Kostrad, Beji, Pasuruan, Jawa Timur, Rabu (23/11).

Transporter Leyland DAF DROPS adalah Truk 8×6 bermesin Perkins (Rolls-Royce) dengan Eagle 350 M turbocharged diesel 350 hp, adalah jenis kendaraan pengangkut Tank Scorpion dan mampu mengangkut 2 tank sekaligus dengan gandengan.

Sedangkan Tranporter Iveco adalah truk offroad 4×4 yang memiliki keistimewaan Lowbed Doll yakni memiliki 7 (tujuh) sumbu yang memungkinkan seluruh rodanya mampu bergerak secara bersamaan, sehingga menjamin kelincahan dengan radius putar yang kecil. Truk ini mampu mengangkat beban sekitar 90 ton.

Komandan Latihan Kapten Kav Dody Suryo Purnomo mengatakan, dalam penataran ini para peserta diberikan berbagai materi mengemudi kendaraan tempur antara lain peraturan lalu lintas, baris berbaris kendaraan, pemindahan pasukan, pengetahuan mengemudi taktis dan teknis, mengemudi secara taktis dan teknis, serta keluar masuk garasi.

Baca juga:  Satgas Pamtas Yonif 744/SYB Kembali Peroleh Senjata Dari Warga Eks Timor-Timur

Kapten Kav Dody Suryo Purnomo menyampaikan, penataran mengemudi Ranpur bukanlah latihan untuk menyiapkan prajurit sebagai peraga-peraga untuk memperlihatkan keindahan manufer Ranpur. “Tujuan penataran ini untuk menyiapkan prajurit yang tangguh dan handal dalam mengawaki Ranpur guna menjawab tantangan-tantangan tugas, “katanya.

Menurut Komandan Latihan, penataran ini sangat penting dilakukan, mengingat spesifikasi kendaraan yang akan diawaki merupakan kendaraan yang cukup rumit, sehingga memerlukan pelatihan khusus. Para peserta dilatih oleh para pengemudi senior yang sangat handal dan berpengalaman. Pelatihan ini dilaksanakan selama 1 (satu) minggu dengan pentahapan yang benar dan terjadwal. “Walaupun dilaksanakan dalam waktu singkat, diharapkan sasaran latihan dapat tercapai bila dilandasi ketekunan dan keseriusan dalam berlatih,”ujar Kapten Kav Dody Suryo Purnomo.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel