Skip to main content
Berita Satuan

Cegah Bahaya Radikalisme dan Terorisme di Wilayah Pacitan

Dibaca: 27 Oleh 26 Nov 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Danramil 0801/01 Pacitan Kapten Inf Arif  Wahyu Jatmika menjadi narasumber dalam acara Sosialisasi Bahaya Radikalisme dan Terorisme yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Pacitan melalui Kesbangpol Pacitan. Sosialisasi tersebut digelar di  Resto Kampung Pacitan Jl W.R Supratman Kelurahan Sidoharjo Kecamatan/Kabupaten Pacitan  dengan yang diikuti sekitar 50 orang, Kamis(24/11).

Adapun tujuan diadakannya acara sosialisasi itu yaitu untuk mengantisipasi bahaya Radikalisme dan Terorisme yang saat ini mulai meneror rakyat Indonesia, terutama di wilayah Pacitan.

Danramil 0801/01 Pacitan Kapten Inf Arif Wahyu Jatmika dalam paparannya menyampaikan bahwa terorisme merupakan salah satu bentuk kejahatan internasional maupun nasional. Karena menurut Danramil teroisme dapat mengancam terhadap perdamaian dan Keamanan nasional maupun internasional yang dilatarbelakangi gagasan radikal dengan mengusung idiologi keagamaan sebagai dasar aksinya.

Lebih Lanjut Kapten Inf Arif Wahyu Jatmika mengatakan, Pemerintah RI dalam upaya mencegah terjadinya tindak dan kegiatan terorisme telah keluarkan UU RI No 15 Th 2003 tanggal 4 April 2003 tentang pemberantasan tindakan aksi terorisme untuk mengesahkan Perpu No. 1 thn 2002 menjadi UU.

Baca juga:  Presiden Joko Widodo : TNI Harus Menjaga Kepercayaan Yang Telah Diberikan Rakyat

“Oleh karenanya, TNI bersama elemen masyarakat akan terus mengawal kedaulatan RI baik dari ancaman dalam negeri maupun luar negeri,” ucap Kapten Arif Wahyu.

Kapten Arif Wahyu juga mengatakan bahwa terorisme dan radikalisme adalah segala perbuatan yang menimbulkan suasana teror atau rasa takut terhadap orang secara meluas yang dapat menimbulkan korban secara massal, dengan cara merampas kemerdekaan atau hilangnya nyawa dan harta benda orang lain serta menimbulkan kerusakan atau kehancuran obyek-obyek vital. Hal tersebut menurut Danramil tentunya dapat dicegah dengan persatuan dan kesatuan dibawah naungan Pancasila.

Hadir pada acara sosialisasi tersebut antara lain, Ka Kesbangpol Pacitan Drs Suhariyanto,  Kapolsek Kota AKP Wahyudi,  Kasat IPP Polres Pacitan Iptu Sumarjan, Kabid Itegrasi Bangsa Bakesbangpol Pacitan Subekti, Kasi Trantib Kecamatan Pacitan Joko, Ormas Kepemudaan, Mahasiswa dan Pelajar.⁠⁠

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel