TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Ciptakan Rasa Aman Dan Damai Pilkada 2017

5

Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Tatang Sulaiman, kembali mengingatkan seluruh prajurit dan PNS agar tidak ikut berpolitik praktis dan tidak netral dalam Pemilihan kepala daerah (Pilkada). Hal itu disampaikan saat memberikan pengarahan di Markas Kodim 0102/Pidie, Minggu (6/11).

Pangdam IM memberi pengarahan kepada ratusan prajurit dan angggota Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Kodim 0102/Pidie dan Kompi C Yonif 113/JS berkaitan dengan akan diselenggarakannya Pilkada serentak di Provinsi Aceh pada tahun 2017.

Dikatakanya, TNI hanya sebagai bantuan bila itu diminta, bantuan tersebut berupa pengamanan maupun distribusi logistik Pilkada sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Bagi anggota Persit KCK bebas memilih, tanpa adanya paksaan dari orang lain maupun suami.

“TNI harus Netral, tidak memberi dukungan atau suara kepada salah satu partai politik, karena TNI, prajurit yang mempunyai jati diri sebagai tentara rakyat, tentara pejuang dan tentara nasional serta profesional,” tegas Pangdam dihadapan prajurit.

Pangdam menjelaskan, prajurit yang profesional yakni prajurit yang telah dibiayai pemerintah yang tidak terlibat politik praktis, karena TNI dilatih dan dilengkapi. Sedangkan prajurit pejuang yaitu prajurit yang berdiri tegak di atas semua golongan, mementingkan bangsa dan negara bukan untuk kepentingan pribadi dan kelompok. TNI itu harus dapat mempersatukan suku, agama dan ras dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan.

Dikatakan Pangdam, terdapat beberapa wilayah di Indonesia yang memiliki tingkat kerawanan salah satunya Provinsi Aceh, tetapi Pangdam berkeyakinan bahwa kerawanan-kerawanan tersebut dalam diantisipasi. Keyakinan Pangdam tersebut karena sudah memberikan pengarahan kepada satuan kewilayahan sampai satuan tempur dan satuan bantuan tempur yang berada dalam jajaran Kodam IM. Dengan pemahaman arahan dari Pangdam, diharapkan seluruh prajurit dan PNS jajaran Kodam IM dapat melaksanakannya dengan baik.

” Saya yakin untuk pilkada di Aceh pasti aman karena kita sudah menyiapakan langkah-langkah pengamanan disemua daerah, semua komponen masyarakat harus menciptakan rasa aman dan damai dalam Pilkada nanti, ” tegas Pangdam.

Dalam kunjungan kerjanya ke Kodim 0102/Pidie, Pangdam didampingi Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel (Kol) Inf Deddy Agus Purwanto, S.H, Asisten Intelijen Kodam IM Kol. Inf Hendriyadi, Asisten Personel Kol. Inf Yunardi, Asisten Logistik Kolonel Czi Suprayogi, Asisten Teritorial Kol. Inf Nefra Firdaus, S.E, Komandan Polisi Militer Kodam IM (Danpomdam IM) Kol. Cpm Kemas Ahmad Yani, Kepala Penerangan Kodam IM (Kapendam IM) Letkol Kav Rusdi beserta Kapenrem 011/LW Mayor Inf Nasrun Nasution, S. Ag. MM. (Pendam IM)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Ciptakan Rasa Aman Dan Damai Pilkada 2017