TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Gubernur Isiro Apresiasi Kontingen Garuda XX-M di Kongo

By 01 Nov 2016 09:38Pasukan Garuda
3-pus

Satgas Kompi Zeni TNI Kontingen Garuda (Konga) XX-M/Monusco di Republik Demokratik Kongo merupakan salah satu kontingen di jajaran Brigade Ituri dan langsung di bawah supervisi Force Engineering HQ Monusco, dengan Area of Responsibility meliputi wilayah Provinsi Ituri, Bass Uele dan Haut Uele yang berpusat di Dungu.

Tugas pokok Satgas Kompi Zeni TNI Konga XX-M/Monusco yang berjumlah 175 personel yang terdiri dari TNI AD, AL dan AU dibawah pimpinan Letnan Kolonel Czi Sriyanto sebagai Komandan Satgas (Dansatgas). Sesuai dengan Resolusi Dewan Keamanan PBB 2277 tanggal 30 Maret 2016 dan Standard Operating Procedure for Monusco Military Engineers No. 899/MONUSCO/FC tanggal 21 Juli 2014, mempunyai 17 Tugas Militer Zeni.

Kontingen Garuda XX-M/Monusco mendapat kunjungan dari Local Chief Isiro (Gubernur Isiro) Mr. Lola Kisanga yang didampingi oleh Alessandra Trabbatoni (Head of Office Dungu), Kolonel Major Mohammed Jamil (Komandan sektor utara), Komandan FARDC dan Komandan PNC, di Dungu, Sabtu (29/10).

Dalam kunjungan tersebut Gubernur Isiro menerima paparan dari Dansatgas Konga XX-M/Monusco Letkol Czi Sriyanto mengenai pencapaian-pencapaian yang telah dilaksanakan oleh Kontingen Indonesia dalam rangka mendukung tugas Monusco maupun membantu pemerintah dan masyarakat Republik Demokratik Kongo.

Dipaparkan oleh Dansatgas Konga XX-M/Monusco, pencapaian tersebut meliputi rehabilitasi jalan Dungu-Isiro, Faradje-Durba, pemeliharaan bandara baik di Dungu dan Beni, pembuatan dan perbaikan jembatan, dukungan air bersih kepada masyarakat, kegiatan kemanusiaan dengan memberikan bantuan kepada para pengungsi dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan staf lokal.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Isiro Mr. Lola Kisanga memberikan apresiasi yang tinggi terhadap semua yang telah dilaksanakan oleh Satgas Kompi Zeni TNI Konga XX-M/Monusco. Menurutnya, tugas-tugas yang telah dilaksanakan tersebut sangat membantu pemerintah dan masyarakat di wilayah Bass-Haut Uele. “Selain manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat dan pemerintah lokal, pencapaian tugas tersebut juga dapat bermanfaat dalam dalam jangka panjang,”ungkapnya.

Gubernur Isiro menambahkan, dalam jangka panjang pencapaian tugas, Kontingen Indonesia bermanfaat di bidang ekonomi dan keamanan. Di bidang ekonomi, tugas-tugas yang dilaksanakan Kontingen Indonesia terutama rehabilitasi jalan dapat merangsang pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut. “Dengan lancarnya jalur transportasi darat dapat mempercepat distribusi barang-barang kebutuhan masyarakat dan harganya akan relatif murah,”sambungnya.

Di bidang keamanan, pencapaian tugas Kontingen Indonesia juga memperlancar pelaksanaan patroli keamanan yang dilaksanakan oleh tentara FARDC, PNC dan Northern Sector. Terlebih kondisi negara-negara di sekitar Republik Demokratik Kongo seperti Republik Afrika Tengah dan Sudan Selatan sekarang dalam keadaan konflik, sehingga banyak terjadi pengungsi yang memasuki wilayah perbatasan utara Republik Demokratik Kongo melalui Provinsi Bass-Haut Uele.

Gubernur Isiro Mr. Lola Kisanga berterima kasih kepada Satgas Kompi Zeni TNI Konga XX-M Monusco atas kontribusinya dalam pembangunan Republik Demokratik Kongo.

Setelah mendapatkan paparan dari Dansatgas Kompi Zeni TNI Konga XX-M/Monusco, Mr. Lola Kisanga bersama rombongan mengunjungi Camp DDRRR Northern Sector.

Dalam kunjungan tersebut, Mr. Lola Kisanga menyempatkan diri untuk bertemu secara langsung dengan para pengungsi dan memberikan motivasi untuk kembali ke negara asal mereka dan hidup secara damai. Selepas dari Camp DDRRR, Mr. Lola Kisanga meninggalkan Log base Dungu menuju ke tempat peristirahatan untuk kembali ke Isiro.(Pa Pen Konga XX-M/Monusco).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Gubernur Isiro Apresiasi Kontingen Garuda XX-M di Kongo