TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Hari Pahlawan, ‘Satukan Langkah Untuk Negeri’

By 10 Nov 2016 16:33Dinas Penerangan
IMG-20161110-WA0013

Setiap tanggal 10 November, bangsa indonesia memperingati hari pahlawan sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan, yang tidak boleh hilang dari ingatan kita selaku penerus-penerus perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 masa lalu.

Pada tanggal 10 November 1945 di Surabaya terjadi pertempuran hebat antara arek-arek Suroboyo dengan serdadu NICA yang diboncengi oleh Belanda. momentum pertempuran itulah menjadi legitimasi peran militer dalam perjuangan merebut kemerdekaan. Sehingga nilai kepahlawanan tersemat dalam satu buah perjuangan melawan agresi militer dan juga untuk memolilisasi kepahlawanan dengan cara militeristik, makanya 10 November dijadikan sebagai Hari Pahlawan.

Satu buah ungkapan populer manyatakan bahwa memang bangsa yang begitu besar adalah bangsa yang menghormati pahlawannya. Karena bangsa tanpa pahlawan sama artinya bangsa yang tidak memiliki sebuah kabanggan. Kalau suatu bangsa tidak memiliki tokoh yang dapat dibanggakan, maka bangsa tersebut adalah bangsa yang tidak memiliki harga diri.

Setelah Indonesia merebut kemerdekaannya, semangat kepahlawanan tidak cukup hanya dengan mempertahankan patriotisme defensif, namun butuh patriotisme yang lebih positif dan progresif. Patriotisme sejati bukan sekadar mempertahankan melainkan juga memperbaiki keadaan negeri.

Dalam rangka memperingatan Hari Pahlawan tanggal 10 November 2016 kali ini, berbagai kegiatan telah dilaksanakan oleh bangsa Indonesia, mulai dari upacara di Instansi Militer dan Pemerintahan serta sekolah-sekolah, ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP), sampai kegiatan-kegiatan yang bersifat memotivasi para generasi muda antara lain kegiatan napak tilas dan lain-lain.

Tema yang diusung oleh Menteri Sosial RI pada peringatan Hari Pahlawan tahun 2016 yaitu “Satukan Langkah Untuk Negeri”. tema ini juga mengandung pesan untuk bersatu dalam kebersamaan dan kebersamaan dalam persatuan untuk mewujudkan cita-cita negeri yang dicintai.

Melalui peringatan hari pahlawan 2016 sebagai bangsa yang besar, bangsa yang harus menghargai jasa para pahlawannya, peringatan hari pahlawan diharapkan pula dapat lebih membangkitkan semangat kebangsaan, menumbuhkembangkan nilai-nilai kepahlawanan serta meningkatkan kecintaan kepada tanah air kita dalam bingkai negara kesatuan republik indonesia.

Pesan dari Pahlawan Nasional Ir. Soekarno, yaitu “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Dan berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.”
“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.”
“Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka”
Sementara pesan dari Pahlawan Nasional Silas Papare yaitu “Jangan sanjung aku, tetapi teruskanlah perjuanganku.”

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IX/Udayana Puspen TNI Kostrad Dinas Penerangan Kodam I/Bukit Barisan Kodam XVII/Cenderawasih Kodam XVI/Patimura
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Hari Pahlawan, ‘Satukan Langkah Untuk Negeri’